Pemkab Natuna Prioritaskan Program Peningkatan Akses Pelayanan Kesehatan

0
147

Independennews.com, Natuna – Untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Natuna prioritaskan program peningkatan akses pelayanan kesehatan.

“Program prioritas kami dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat adalah meningkatkan akses pelayanan kesehatan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Natuna, Hikmat Aliansyah kepada media Independennews.com saat dikonfirmasi via telefon pribadinya.

Peningkatan mutu pelayanan kesehatan tersebut dilakukan melalui kebijakan penguatan Primary Health Care (penguatan pelayanan dasar) di puskesmas.

“Dari 14 puskesmas yang ada, 12 puskesmas sudah terakreditasi, sedangkan 2 puskesmas lainnya masih dalam tahap pendampingan,” ungkapnya.

Ia menuturkan, penyediaan sarana dan prasarana fasilitas pelayanan kesehatan di 15 kecamatan saat ini sudah tersedia, diantaranya 14 bangunan puskesmas dan 1 RSUD.

“Satu puskesmas sementara diajukan untuk pembangunan tahun 2022,” tuturnya.

Selain itu lanjutnya, juga dilakukan penyediaan obat-obatan dan Bahan Medis Habis Pakai (BMHP) di setiap fasilitas pelayanan kesehatan yang disesuaikan dengan formularium nasional.

“Penyediaan jaminan kesehatan masyarakat bagi seluruh masyarakat Natuna yang terintegrasi dengan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN),” tambahnya.

Di samping itu juga dilakukan penyediaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan.

“Meningkatkan status kesehatan dan gizi masyarakat melalui peningkatan kualitas pelayanan kesehatan pada semua kontinum siklus kehidupan (Ibu, Anak, Remaja, dan Lanjut Usia), dengan menerapkan continuum of care.”pungkasnya  (AL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here