Giat Kerja Dari Sosok Danki Pengendalian Massa Dit Samapta Polda Jabar

0
459
Foto : AKP Iwan Cahyadi

IndependenNews.com, Bandung | Upaya dalam pembinaan terhadap anggota, AKP Iwan Cahyadi selaku komandan Kompi Pengendali Massa (Danki Dalmas) mengatakan bahwa kegiatan rutinitas yang dilakukan sebagai bentuk pembinaan terhadap anggota ada dua hal.

Demikia disampaikan AKP Iwan Cahyadi kepada Media disela pengamanan aksi Buruh, Senin (29/11/21) di Kantor Gubernur Jawa Barat,

Dikatan Iwabn Cahyadi adapun dua bentuk pembinaan kepada anggota yang dipimpin adalah pertama pembinaan Eksternal dengan memberikan arahan-arahan berupa tehnik komunikasi dan sikap menghadapi masyarakat, pada saat mengawal dan mengamankan ketika ada demonstrasi yang dilakukan oleh kelompok masyarakat.

“Saya tekankan ke seluruh anggota Dalmas supaya menjalankan sesuai SOP. Disaat menghadapi kelompok demonstrasi aagar mengedepankan persuasif dan tidak gampang terpancing emosi walaupun dari pihak demonstrasi memancing dengan tindakan tidak wajar.”ujarnya

Kedua peminaan Internal, Kata Iwan, kita selalu memberikan arahan kepada anggota agar selalu humanis dicelah-celah unjuk rasa para buruh, hal ini merupakan pembinaan sehari-hari terhadap anggota.

Selain itu, ada pembinaan yang bersifat insidentil melalui bersih-bersih lingkungan dan tempat ibadah di kompleks Polda Jabar. Kegiatan bersih-bersih ini sebenarnya hanya mengisi waktu dan sekaligus melatih mental anggota, karena kegiatan bersih-bersih lingkungan adalah bagian dari Iman.

“Kegiatan lainnya kita juga telah merencanakan kegiatan sosial kemasyarakatan bersifat peduli lingkungan melalui penanaman pohon yang saat ini sedang dijajaki dengan Dinas Perhutani Provinsi Jawa Barat,”ungkap Iwan

AKP Iwan Cahyadi menambahkan, bahwa setiap Danki yang ada di Dit Samapta diberi wewenang untuk membina anggota. Karena itu saya selaku salah satu Danki terus berupaya menciptakan personil yang mampu mengendalikan diri.

“Saya terus mencoba menggali potensi-potensi yang ada pada anggota, baik potensi-potensi olahraga maupun kesenian atau potensi apapun yang bisa dibina sebagai sarana pendekatan terhadap masyarakat karena “Sabhara” itu identik pendekatannya ke masyarakat karena institusi POLRI umumnya adalah Pelayan, Pengayom dan Pelindung Masyarakat,”pungkasya AKP Iwan Cahyadi yang mengaku baru menjabat 1,5 bulan yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolsek Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung. (Amron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here