Disparbud Gelar Festival Lampu Colok Memeriahkan Idul Fitri

0
784

Independennews.com, Karimun –Pemkab Karimun melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) menggelar Festival Lampu Colok dalam rangka Memeriahkan Hari Raya Idul Fitri 1439 H/2018 M. Pembukaan festival ini akan dipusat di Ranggam Kecamatan Tebing pada malam ke 27 ramadhan atau Senin malam (11/6/2018).

Pembukaan festival ini dibuka oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq dan Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim ditandai dengan penyalaan bersama lampu colok yang disusun di gapura membentuk suatu arsitektur religi.

Pada penyalaan ini, Bupati didampingi wakil bupati , anggota DPRD Karimun Sulfanow Putra, Kapolsek Tebing AKP Budi Hartono dan salah seorang tokoh masyarakat Tebing Amiraca.

“Festival lampu colok ini bertujuan untuk melestairkan budaya Melayu, sebagai ajang promosi dan memperkenalkan daerah kepada wisatawan. Bahwa Festival sudah menjadi tradisi masyarakat Kabupaten Karimun,” ungkap Rafiq singkat yang sebelumnya berbuka puasa bersama dan sholat Magrib berjamaah di Masjid Nur Hidayah Ranggam Kecamatan Tebing.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karimun Zamri mengatakan, pada tahun ini festival diikuti sebanyak 28 gerbang atau peserta. Dengan rincian 12 gerbang se-Pulau Karimun besar dan 16 se-Pulau Kundur.

Dalam penilaian diturunkan tiga dewan juri yakni dari Dinas PUPR, LAM dan Kemenag Karimun. Yang menjadi penilaian diantaranya struktur bangunan, antusias masyarakat, kreatifitas dan dekorasi.

“Hadiah menanti bagi Pemenang juara 1-10 akan menerima uang pembinaan dan juga trophy, juara 1 sebesar Rp 10 juta, juara 2 Rp 8 juta, juara 3 Rp 6 juta, juara 4 Rp 4 juta, juara 5 Rp 3 juta, juara 6 Rp 2 juta dan juara 7-10 masing-masing Rp 1 juta,” jelas Zamri. (Razaali)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here