Bupati Rafiq Buka Bimtek Penyusunan LPPD

0
185

KARIMUN, INDEPENDENNEWS.COM – Bupati Karimun Aunur Rafiq membuka kegiatan Bimbingan teknis Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD ) tahun anggaran 2019, (18/2/2020).

Dalam sambutannya, Bupati Rafiq mengatakan laporan penyelenggaraan Pemerintah Daerah ini wajib dibuat, sama seperti laporan akuntabilitas kinerja pemerintah berkaitan dengan produk penyusunan sampai penganggaran serta pelaksanaan.

Rafiq berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan ini sampai selesai, baik itu tim penghubung yang merupakan bagian dari yang ada di dinas-dinas sehingga penyusunan LPPD ini dapat diselesaikan tepat waktu.

Diungkapkan Aunur Rafiq, prestasi yang tiga tahun ini terus meningkat, terhitung sejak 2016 hingga tahun 2018, bahkan untuk tingkat nasional dari 373 kabupaten/kota se-Indonesia, Kabupaten Karimun diurutan 23 pada tahun 2018 dan urutan pertama di Provinsi Kepri.

“Namun yang terpenting bagaimana penerapannya dan sesuai tidak dengan nilai skor yang didapatkan berdasarkan capaian-capaian kinerja yang dilakukan masing-masing OPD di Pemerintah Kabupaten Karimun,” kata dia.

Disinggung terkait OPD yang capaian kinerjanya rendah, Aunur Rafiq mengatakan pasti ada yang kita sampaikan dan kita surati. “Kalau dilihat dari nilai skor belum ada yang rendah atau dibawah standar dan hampir semuanya sudah mencapai batas skor yang sudah ditentukan secara keseluruhan,” pungkasnya.

Ia menjelaskan, sistem skor tersebut tidak hanya aktivitas dari seluruh dinas, mulai dari Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Bagian dan Camat, laporan Pemerintah Daerah. “Alhamdulillah semuanya baik dan mendapatkan nilai sangat tinggi,” katanya

Sementara M Yunus, Kabag Pemerintahan mengatakan kegiatan bimbingan teknis LPPD Kabupaten Karimun tahun anggaran 2019 merupakan salah satu indikator kinerja utama, khususnya Pemerintah Daerah dalam mencapai tujuan dan sasaran terkait sejauh mana keberhasilan dan pencapaian yang diraih OPD selama setahun kerja dengan kreteria fisik.

Kegiatan Bimtek penyusunan LPPD tahun anggaran 2019 yang dilaksanakan bagian Sekretariat Daerah dihadiri Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim, Inspektorat Daerah Provinsi Kepri; Kepala OPD, Camat dan tamu undangan dari instansi vertikal. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here