Bupati Abdul Haris Yakin Budidaya Rula akan Dongkrak Ekonomi Masyarakat

0
79

INDEPENDENNEWS.COM, ANAMBAS –Bupati Kabupaten Kepulauan Anamba (KKA) Abdul Haris didampingi wakil Bupati Wan Zuhendra melakukan Lounching Penanaman bibit rumput laut, pada Minggu 23 Juni 2019 di Desa Selembak.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Abdul Haris (Bupati KKA) dan dihadiri antara lain : Wan Zuhendra (Wakil Bupati KKA), Sahtiar (Sekda KKA), Epi Sahairi (Kadis Pertanian KKA), Usman (Kadisperindag KKA) serta diikuti masyarakat Selambak sekitar 50 orang.

Dalam kesempatan itu, Abdul Haris mengatakan, bahwa pemerintah Daerah memberikan bantuan bibit rumput laut kepada masyarakat Desa Selambak sebagai bentuk pengembangan usaha kecil masyarakat yang berada di Wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Mari kita kembangkan dan jaga bibit rumput laut ini. Walaupun kendala dalam pengembangbiakan rumput laut, antara lain apabila gelombang barat datang maka akan berdampak pada menurunnya kualitas rumput laut, musim kemarau menyebabkan rumput laut mudah terserang penyakit dan sampai saat ini belum ada obat ataupun penanganan yang dapat dilakukan serta adanya ikan-ikan yang memakan rumput laut.”ujarnya

Dengan adanya bantuan bibit ini diharapkan dapat dikembangkan lagi oleh masyarakat serta menambah dan meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah Anambas ini.

“Posda BIN Anambas mendorong Pemkab. Anambas dalam rangka mensukseskan program penanaman bibit Rumput Laut bagi masyarakat Kab. Kep. Anambas, yang kedepannya, rumput laut sebagai salah satu potensi kelautan yang dijadikan produk unggulan wilayah Kep. Anambas. Walaupun sejauh ini, ketidakstabilan harga rumput laut tidak stabil yang mengakibatkan kurang diminati masyarakat pesisir Anambas dalam budidaya sehingga dinilai tidak menjanjikan dalam hal pendapatan.

Kadis perikanan, Pertanian dan pangan, Effi Sjuhairi mengatakan, bahwa lounching penanaman bibit rumput laut siharapkan dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat.

“Untuk selanjutnya kita akan kembangkan budidaya rula dengan target 60 KK dengan luas lahan lebih kurang 30 Ha, dan hasil produksi akan ditampung oleh koperasi dangan harga berkusar Rp 9 – 12 ribu rupiah.

Bupati berharap kedepan budidaya rula ini akan berkembang di anambas, jadi bukan hanya 60 KK ini saja, tidak mnolak kemungkinan seluruh kecamatan akan dikembangkan, karena wilayah laut kita luas.

“Pemda akan terus dorong, dan support, kita akan bantu benih, dan hal hal yang mungkin bisa dibantu, seperti sarana prasarana yang dibutuhkan
Harapan bupati, budidaya rula ini akan membantu mendongkrak perekonomian dan kesejahteraan msyrakat.”ucapnya (Az)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.