Belasan Mahasiswa Pengurus PB ALAMP AKSI Gelar Aksi Unjuk Rasa Minta Aparat Tangkap Plt Dinas Lingkungan Hidup Sumut

0
180

MEDAN, Mahasiswa yang tergabung dalam Pengurus Besar Aliansi Mahasiswa dan Anti Korupsi (PB-ALAMP AKSI) menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Gubernur Sumatera Utara, Jum’at (22/1/2021) Pukul 10.00WIB.

Sebelumnya aksi unjuk rasa PB.ALAMP AKSI ini dimulai dihalaman Markas Polda Sumatera Utara sekitar pukul 8.30 WIB, yang kemudian dilanjutkan dihalaman kantor gubernur Sumatera Utara sekitar pukul 10.00WIB pagi.

Sambil membentangkan spanduk yang bertuliskan desakan kepada aparat penagek hukum agar mengusut tuntas dugaan pungutan liar yang dilakukan oknum pejabat dilingkungan berinisial BS.

Dalam orasinya yang disampaikan koordinator aksi unjuk rasa ini, Faqih Al Muwahid.SH menyampaikan harapannya agar dalam penyelenggaraan pemerintahan, pejabat pemerintah melaksanakan fungsi pelayanan, pembangunan, pemberdayaan dan perlindungan untuk kesejahteraan rakyat.

Dia berharap dalam melaksanakan fungsi tersebut pejabat pemerintahan memperoleh wewenang untuk mengambil keputusan dan/atau tindakan, oleh karena itu maka pejabat pemerintah dilarang menyalahgunakan wewenang. Karena Menurutnya jika pejabat pemerintah menyalahgunakan wewenang nya akan berdampak pada kerugian keuangan negara. Kesalahan adminitrasi/maladministratif diduga dilakukan Plt Kepala dinas Lingkungan hidup Sumatera Utara harus mengembalikan kerugian keuangan negara tersebut.

“Kami mengetahui tentang adanya pemanggilan terhadap beberapa pihak pengusaha terkait pengelolaan lingkungan hidup. pemanggilan tersebut merupakan wewenang dari penyidik yang ada di Dinas Lingkungan Hidup Sumatera Utara dan bukan wewenang dari seorang Kasi pengaduan dan PSLH, Kami menduga bahwa tindakan tersebut ada unsur kesengajaan, tindakan itu kuat dugaan telah terjadi pemufakatan jahat terkait pemanggilan tersebut, pemufakatan jahat tersebut dikhawatirkan menjadi pintu masuk terjadinya praktik Korupsi di Sumatera Utara khususnya di Dinas Lingkungan Hidup Sumatera Utara.”ujar Faqih dalam orasinya melalui pengeras suara.

Selain iti koordinator lain dalam aksi unjuk rasa ini Jakirun, mendesak Polda Sumatera Utara agar mengusut tuntas dugaan pungutan liar yang dilakukan oleh Sdt.Ir.Binsar Situmorang,M.Si, MAP.

Jakirun dalam orasinya juga meminta Kepolisian Polda Sumatera Utara segera menangkap dan memenjarakan Sdr Dr.Ir.Binsar Situmorang, MSi, MAP terkait penyalahgunaan wewenang jabatan.

“Kepada Gubernur Sumatera Utara agar segera mengevaluasi Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumatera Utara. Dan meminta Komitmen Gubernur Sumatera Utara untuk mengembalikan martabat Sumatera Utara terkhusus dalam memberantas pungutan liar,”ujar Jakirun Sembari menyudahi orasi tuntutan para mahasiswa yang berakhir pada pukul 11.30 WIB dan dilanjutkan ke Kantor Dinas Lingkungan Hidup Sumatera Utara di jalan Tengku Daud Medan. (WD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here