DPRD Kepri Bersama Provinsi Kepri Rancang Perda Peningkatan PAD

0
575
Poto : Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak dengan Gubernur Kepri Nurdin Basirun

 

TANJUNGPINANG – DPRD Kepri bersama Pemerintah Provinsi Kepri menciptakan penerimaan pajak baru. Untuk meperkuat landasan penerimaan pajak tersebut DPRD Kepri bersama Pempov kepri merancang Peraturan Daerah nomor 1 tahun 2012 tentang Retribusi Daerah dan Perubahan Perda nomor 8 Tahun 2011 tentang pajak daerah dalam sidang paripurna, Rabu (22/3/17) di Kantor DPRD Kepri.
Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak mengatakan bahwa pemprov telah menyampaikan naskah akademis dan penjelasan kedua perda. Pada rapat Banmus, ranperda itu telah dikaji dan diharmonisasikan serta disepakati yang kemudian akan dilanjutkan.

“berdasarkan pasal 28 dan 29 UU nomor 23 tahun 2014 tentang Pemda, disebutkan bahwa Provinsi yang berciri Kepulauan mempunyai kewenangan mengelola sumber daya laut.”Katanya

Adapun penerimaan pajak yang sangat berpotensi antaralain eksploitasi, konservasi dan pengelolaan kekayaan laut diluar minyak dan gas bumi. Namun perlu pangaturan tata ruang dan Pengaturan administratif. Hal itu mejadi pintu masuk guna mencari potensi labuh jangkar dan lain sebagainya.”Kata Jumaga.

Sebagai landasan batas kewenangan daerah provinsi untuk mengelola sumber daya laut paling jauh 12 mil laut yang diukur dari garis pantai laut. Apabila kewenangan itu kita manfaatkan secara maksimal maka akan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

“Berdasarkan alasan itu, jajaran DPRD Kepri sepakat bersama pemerintah provinsi Kepri harus segera menyampaikan perda baru agar ada dasar hukumnya kita menarik semaksimal mungkin pemasukan daerah.”Ujarnya

Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengatakan dia sangat mengapresiasi langkah yang tengah dilakukan DPRD Kepri untuk memikirkan peningkatan pemasukan daerah Kepri.(A**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here