Warga Binaan Lapas Banyuwangi Tunaikan Sholat Idul Adha, Berjamaah

0
43

 

Independennews.com, Banyuwangi –Lapas 2A Banyuwangi kembali menggelar sholat Idul Adha untuk warga binaan, Selasa (20/7). Kegiatan tersebut diikuti oleh warga binaan pria dan juga wanita. Kegiatan yang diselenggarakan di lapangan tenis Lapas banyuwangi tersebut juga diikuti langsung oleh Kalapas Banyuwangi.

Kalapas Banyuwangi Wahyu Indarto mengatakan bahwa kegiatan sholat Idul Adha tahun ini tetap digelar agar warga binaan bisa merasakan suasana Idul Adha, namun dengan himbauan agar warga binaan tetap menerapkan protokol kesehatan. “Meskipun mereka berada di balik jeruji, mereka memiliki hak untuk melaksanakan ibadah dan merasakan kebahagiaan hari raya” ujar Wahyu.

Dikarenakan masih pandemi, imam dan khotib yang memimpin jalannya sholat Idul Adha ini diambil dari warga binaan Lapas Banyuwangi.

“Biasanya kami datangkan imam dari luar, namun dengan pertimbangan masih ditengah pandemi, kami putuskan untuk menggunakan imam sekaligus khotib dari warga binaan. Tentunya tidak sembarang orang yang kami tunjuk, namun kami ambil dari pengurus takmir masjid yang biasa menjadi imam sholat berjamaah dalam kesehariannya di Lapas Banyuwangi ini” ucap Wahyu.

Dalam khutbahnya khotib menyampaikan keutamaan dari perayaaan Idul Adha yang salah satunya menunaikan kurban bagi mereka yang mampu. “Mari kita teladani keteguhan Nabi Ibrahim dan Keikhlasan Nabi Ismail” pesannya.

Meskipun jauh dari keluarga dan berada dalam keterbatasan, seluruh warga binaan tetap khidmat mengikuti sholat Idul Adha.

Setelah pelaksanaan sholat Idul Adha, Dhanny Dwi Suswinarko selaku Kasubsi Bimkeswat Lapas Banyuwangi mengumumkan perolehan hewan kurban Lapas Banyuwangi tahun ini. “Alhamdulillah perolehan hewan kurban tahun ini cukup banyak, nanti daging kurban akan dibagikan ke setiap kamar dalam bentuk sate, nanti silahkan saudara-saudara sekalian melakukan bakar sate bersama-sama” pungkas Dhanny. (iriek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here