Tim Siber Pungli Anambas bersama KNPI Gelar Sosialisasi Siber Pungli

0
96

Anambas, Independennews.com — Waka Polres Anambas, Komisaris Polisi Rafizal Amin mengatakan kasus pungli di Anambas pada tahun 2018 sebanyak 1 kasus. Agar kasus serupa tidak terulang kembali pada tahun 2019, perlu dilakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Hal ini disampaikan Waka Polres Anambas, dalam sebuah acara sosialisasi saber pungli kepada Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Anambas, Selasa (5/3) sore, bertempat di Ruang Rapat Eks Kantor Bupati

Dikatakan Amin, bahwa pengawasan oleh saiber pungli merupakan tindak lanjut dari amanat Peraturan Presiden RI Nomor 87 Tahun 2016 Tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Pungli).

Menurutnya, pungli telah menjadi budaya di masyarakat, maka untuk menekan kebiasaan tersebut, satgas pungli Kabupaten Kepulauan Anambas akan memperbanyak sosialisasi di tahun 2019.

“Saya himbau agar kita pemuda dapat selalu memberikan info kegiatan pencegahan pungli ini kepada masyarakat. Dan saya berharapkan agar masyarakat selalu melaporkan segala bentuk tindakan pungli,” katanya

Sementara itu, Kepala Inspektorat Anambas Augus Raja Unggul menekankan bahwa sosialisasi ini merupakan penyegaran kembali untuk mengingatkan kita bahwa Kabupaten Kepulauan Anambas saat ini telah memiliki Satgas Saber Pungli.

“Satgas inilah yang nantinya akan melakukan fungsi pencegahan terhadap praktik pungli. Selain itu satgas juga memiliki fungsi intelijen, penindakan dan yustisi,” ungkap Augus.

Dia berharap dengan adanya satgas ini, pelayanan publik menjadi lebih baik. teman teman pemuda bisa turut andil dalam pencegahan. Pemuda tentunya sangat penting dalam upaya pemberantasan pungli guna mendukung reformasi di bidang hukum dan mewujudkan pemerintahan yang adil.

Ketua KNPI Anambas Hafiz Rhiandy berharap kegiatan kemitraan yang dilakukan oleh Tim UPP Saber Pungli Anambas menjadi modal besar untuk merubah pola pikir yang selama ini sudah mendarah daging.

“Menjadi modal penting Tim UPP Saber Pungli yang dimana tahun 2019 lebih banyak melakukan titik titik sosialisasi pencegahan pungli, dan pemuda (KNPI) menjadi mitra strategis Tim UPP Anambas dalam pelopor pencegahan pungli di bidang kepemudaan,”tutupnya.

Dipenhujung acara Tim UPP Saber pungli Anambas memberikan Cinderamata/Plakat kepada Ketua KNPI Hafiz Rhiandy dan pengurus sebagai bentuk mitra UPP Saber Pungli dengan DPD KNPI Anambas. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Inspektorat dan Seluruh Jajaran DPD KNPI Anambas serta rekan satgas saber pungli Anambas. (Firman)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.