Setahun Buron Pencuri Sawit, Yosef di Ringkus Saat Sembunyi dalam Lemari Kain 

0
121
Poto : Pelaku Pencuri Buah sawit di amankan di Polsek Polsek Muara Lakitan usai di ciduk dari rumahnya (dok)

Musirawas, IndependenNews.com — Sempat menjadi buron selama setahun, Yosef (30) warga Kelurahan Muara Lakitan Kecamatan Muara Lakitan Kabupaten Musirawas akhirnya terciduk. Tersangka pencurian buah sawit, ditangkap aparat kepolisian saat kembali kerumah. Uniknya, tersangka diringkus saat bersembunyi di lemari pakaian.

Kapolres Musirawas AKBP Bayu Dewantoro didampingi Kapolsek Muara Lakitan AKP Nasharudin menjelaskan, tersangka diamankan dirumah tersangka di RT 06 Kelurahan Muara Lakitan sekira pukul 22.00 WIB, Kamis (11/01/2018).

“Pelaku merupakan DPO tindak pidana curat yang melanggar pasal 363 KUHPidana. Dasar pengangkapan tersangka yaitu LP/B-01/I/2017/Sumsel/ResMura/Lktn tanggal 1 Januari 2017 dan DPO/03/I/2017/ Reskrim,” ujar Kapolres.

Peristiwa pencurian ini terjadi pada malam tahun baru 2017 lalu sekira jam 00.30 wib di kebun buah kelapa sawit milik milik Ahwa (28) di Muara Bandar Kecamatan Muara Lakitan Kabupaten Musirawas. Tersangka Yosef dan komplotannya sebanyak 5 orang mengambil buah kelapa sawit yang sudah dipanen dan telah diletakan di tempat pengumpul hasil (TPH) dengan cara mengangkut buah menggunakan Mobil L300 Pick Up. Akibat kejadian tersebut korban mengalami kerugian sekitar empat ton buah kelapa sawit dengan tafsiran sebesar Rp4.800.000.

Dalam aksinya, tersangka tidak sendirian. Tersangka merupakan salah seorang komplotan pencurian buah sawit, dimana tiga dari teman Yosef yakni AS, NV dan ER sudah menjalani hukuman di Lapas Lubuklinggau. Satu orang lagi DR masih berstatus DPO.

Ditambahkan Kapolres, penangkapan ini berdasarkan hasil lidik petugas, diketahui bahwa tersangka yang merupakan DPO kasus tindak pidana Curat 363 KUHPidana sudah kembali dan sedang berada di rumah.

“Petugas langsung melakukan penggerebekan dan penggeledahan di rumah pelaku. dan berhasil menangkap serta mengamankan pelaku yang sedang bersembunyi di dalam lemari  kain kamar pelaku. Selanjutnya, tanpa perlawanan tersangka langsung dibawa ke Mapolsek Muara Lakitan guna proses penyidikan lebih lanjut,” pungkas Kapolres. (Roni Irmawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.