Sempat Viral di Mesos, Pelaku Copet Diamankan Sat Reskrim Polres Jakarta Barat

0
86
Foto : Barang bukti yang diamankan Polisi dari kedua pelaku pencurian di sebuah Mall di Jakarta Barat

Independennews.com, Jakarta | Dua orang pelaku pencurian di dalam lift Mal dimankan Polisi. Kedua tersangka berinial CS (32) dan RJ (30) yang digelangdang polisi merupakan copet (spesialis pencurian) yang sering beraksi di pusat perbelanjaan.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat Reskrim Kompol Joko Dwi Harsono didampingi Wakasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat Akp Niko Purba dan kanit Resmob Iptu Rizky Ari Budianto mengatakan dalam aksinya, mereka melakukan pencurian secara berkelompok.

“Kompolatan pencurian di Mal ini melakukan aksi secara berkomplotan dengan pembagian tugas seperti mengalihkan dan ada yang beraksi,”ujar Joko Dwi Harsono dalam Konfrensi Pers tertulisnya, Rabu (25/8/2021)

Aksi para pelaku ini kemudian polisi melakukan penyelidikan lalu berhasil menangkap kedua tersangka di kawasan Johar Baru, Jakarta Pusat dan di Bogor, Jawa Barat.

“Setelah itu kami lakukan olah TKP, kami kembangkan dengan mengambil rekaman cctv dan memeriksa saksi yang ada. Kami berhasil menangkap dua orang tersebut,” jelas Joko.

Joko menambahkan, kedua tersangka mengincar barang berharga milik korban seperti ponsel dan barang berharga lainnya. Korbannya merupakan pegiat media sosial atau yang biasa disebut selebgram bernama Vanessa Valencia.

“Mereka merupakan spesialis (pencurian) di pusat perbelanjaan di dalam lift,” ucap Joko.

Dari kedua tersangka, polisi mengamankan pakaian yang dikenakan oleh kedua pelaku saat beraksi.

“Atas perbuatan kedua tersangka, kami kenakan pasal 362 KUHP. Mungkin setelah penyelidikan ada pasal lain akan kita sangkakan karena masih proses penyidikan,”tambah Joko.

Sebelumnya, kedua copet beraksi di Mal di kawasan Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Komplotan pelaku tersebut diduga berhasil mencuri sebuah ponsel milik korban.

Kemudian aksi pencurian ponsel itu viral di media sosial usai akun instagran @kontributorjakarta mempostingnya, Jumat (20/8/2021).

“Aksi kejahatan dapat terjadi di mana saja, bahkan di dalam lift,” tulisnya dalam caption.

Dalam postingan memperlihatkan kondisi lift yang penuh dan sesak. Seorang wanita juga nampak terlihat kebingungan mencari sesuatu yang hilang dari tasnya.

Wanita tersebut kemudian keluar dari lift karena merasa barang miliknya telah dicuri oleh orang.

“Diduga seorang wanita menjadi korban pencurian. Dalam rekaman cctv di dalam lift terlihat, begitu pintu terbuka wanita tersebut tampak panik sambil memeriksa tas,” tambahnya dalam caption. (Red/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here