Rusia sarankan Kurdi masuk dalam babak pembicaraan damai Suriah di Jenewa Agustus ini

0
381
poto salah seorang pejuang kurdi di aleppo (sumber:beritaara)

Kobane-Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Gennady Gatilov, menekankan pentingnya masuknya Kurdi dalam pembicaraan damai intra-Suriah yang dipimpin PBB di Jenewa.

Hal ini muncul setelah utusan khusus PBB untuk Suriah Staffan de Mistura mengatakan bahwa ia bertujuan untuk memulai putaran pembicaraan berikutnya intra-Suriah sebelum akhir Agustus.

Pada 26-27 Juli, Jenewa host konsultasi Rusia-AS-PBB di Suriah. Rusia diwakili oleh Wakil Menteri Luar Negeri Gennady Gatilov yang menyarankan Kurdi harus dimasukkan dalam pembicaraan.

“Juru bicara Rusia mengatakan Pemerintah Republik Arab Suriah telah setuju untuk mengambil bagian dalam pembicaraan dan menekankan pentingnya delegasi inklusif dari oposisi Suriah, yang harus mencakup wakil Kurdi serta semua lawan lain dari Damaskus resmi yang mengambil pendekatan konstruktif dan mencari penyelesaian politik yang komprehensif dari krisis Suriah, “kata kementerian luar negeri Rusia dalam siaran pers.

Gatilov menekankan perlunya untuk m

emulai dialog antara Suriah secepat mungkin tanpa prasyarat.

Pada gilirannya, Staffan de Mistura disarankan akhir Agustus sebagai waktu tentatif untuk mengadakan putaran pembicaraan berikutnya.

Berbicara seperti dikutip dari beritaara, kepala pertahanan Kurdi dari kanton Cezire, Rezan Gullo, mengatakan bahwa Kurdi Suriah memiliki hubungan dengan Rusia dan Amerika Serikat.

“Kami memiliki hubungan baik dengan Rusia dan AS dalam perjuangan kami melawan ISIS [kelompok Negara Islam] dan Nusra [cabang al-Qaeda di Suriah],” kata pejabat Kurdi.(sumber:beritaara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.