Rapat Bersama Pemko dan BP Batam, Kemenko Perekonomian RI Bahas Kerjasama IMT-GT

0
86
Foto : Rapat Pemko Batam dan BP Batam bersama Kemenko Perekonomian RI Bahas Kerjasama IMT-GT

IndependenNews.com, Batam | Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI melalui Asisten Deputi Bidang Kerjasama Ekonomi Regional dan Sub Regional, Netti Muharni, menggelar Rapat dengan Badan Pengusahaan (BP) Batam dan Pemerintah Kota (Pemko Batam) bertempat di Gedung Marketing Bifza BP Batam, Jumat (19/11/2021).

Rapat tersebut membahas terkait kerjasama Internasional yang ditangani oleh Kemenko Perekonomian yakni Indonesia Malaysia Thailand – Growth Triangle (IMT-GT) yang rencananya kerjasama ini akan dimanfaatkan untuk kemajuan pembangunan di kota Batam.

Asisten Deputi Bidang Kerjasama Ekonomi Regional dan Sub Regional, Netti Muharni, menyampaikan, IMT-GT ini melibatkan Pulau Sumatera, seluruh Semenanjung di Malaysia dan 14 Provinsi di Thailand tergabung dalam kerjasama tersebut.

Hal ini kata Netty, tentu menjadi potensi yang sangat besar untuk di manfaatkan, terlebih saat ini pembangunan secara global sangat mendukung pembangunan hijau seperti energi efisiensi, energi ramah lingkungan maupun pembangunan hijau lainnya.

“Kemudian juga ada potensi-potensi dari lembaga Internasional yang ikut dalam kerjasama ini, yang kiranya itu dapat kita manfaatkan pendanaannya untuk pembangunan hijau karena arah pembangunan secara global saat ini sangat mendukung pembangunan hijau,” ucap Netty kepada awak media usai mengikuti rapat.

Netty menerangkan, dalam program IMT-GT ini terdapat 7 (tujuh) sektor yang dilakukan kerjasama antara lain, Perdagangan dan Investasi, Pariwisata, Pertanian, Perhubungan, Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT), Halal Park dan kerjasama Lingkungan.

“Namun pembahasan kali ini untuk melihat beberapa projek yang berpotensi untuk menjadi program prioritas dalam kerjasama IMT GT dalam 5 tahun kedepan yakni KEK Nongsa, Halal Park dan Pengembangan Batam sebagai Green City (program prioritas dalam pembahasan kali ini),” paparnya.(SOP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here