PT. Pelni Siapkan KM Lawit Cover Penumpang Ramadhan dan Lebaran

0
526

independennews.com, Natuna — Untuk melayani Penumpang selama musim lebaran menggantikan KM Bukit Raya. PT Pelni menyiapkan KM Lawit untuk membantu mengangkut penumpang selama lebaran. Hal ini dilakukan karena KM Bukit Raya masih dalam docking atau perbaikan paska musibah kandas karang Ninik sekitar di perairan Sedanau Natuna, Jum’at pekan lalu.

Demikian di ungkapkan Direktur PT. Pelni, Muhammad Tukul Harsono , Jumat (25/5/18) di Ranai, Natuna .

Dikatakan Tukul, KM Bukit Raya akan dilakukan Docking selama sepekan di Lampung. untuk memperbaiki luka kulit akibat gesekan karang.

“Kerusakan kulit sepanjang delapan meter dan membutuhkan waktu penambalan selama 4 hari. Sementara mesin kapal masih bagus tidak ada masalah.” ujar Tukul

Menurutnya, usai perbaikan dilakukan kapal tersebut akan di bawa terlebih dahulu ke pelabuhan Selat Lampa untuk dilakukan pengecekan. Kemudian akan dibawa ke Lampung untuk dilakukan dock.

Sebelumnya, Kapal akan bawa ke pelabuhan Selat Lampa untuk dilakukan pengecekan oleh BKI. Kemudian akan dilakukan dock selama seminggu di Lampung.” Ujar Tukul

Peristiwa tabrakan karang yang menyebabkan kapal KM Bukit Raya mengalami kebocoran, Kata Tukul, peristiwa itu tidak lain adalah Human Eror, bukan kesalahan teknis. Sebab peralatan navigasi berfungsi dengan baik.

” Kemungkinan ABK teledor, yang seharusnya jalan ke kiri dibelokan ke atas hingga nabrak karang.”ujar tukul

Untuk mengkover penumpang selama KM Bukit Raya melakukan docking , PT Pelni mempersiapkan kapal pengganti sementara ialah KM Lawit.

“KM Lawit diperbantukan selama bulan suci ramadan dan mudik lebaran.” tegas Tukul

Sementara untuk mendukung KM Lawit juga disiapkan tiga kapal Perintis Sabuk Nusantara 30, 39 dan 62 untuk melayani rute antar pulau di Natuna hinggaIa juga berharap.

Untuk mwnghindari kejadian serupa, Tukul menyarankan agar pemerintah mdisiapkam memasang rambu pada perairan yang dangkal dan berkarang.
(Firmandani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.