Polsek dan Puskesmas Lubuk Baja Kembali Laksanakan Vaksinasi Untuk 200 Orang

0
251

 

Independennews.com, Batam – Polsek Lubuk Baja bekerja sama dengan UPTD BLUD Puskesmas Lubuk Baja menggelar vaksinasi dosis pertama hari kedua di Polsek Lubuk Baja, Kecamatan Lubuk Baja, Senin (02/8/21).

Kapolsek Lubuk Baja, AKP Budi Hartono, menyampaikan bahwa kegiatan vaksinasi tersebut merupakan instruksi langsung dari pusat melalui Polresta Barelang untuk mendirikan “Gerai Vaksinasi Presisi” di setiap Markas Komando (Mako) di Polsek.

“Di hari pertama itu ada 114 orang yang sudah di vaksin, kemudian hari ini kita targetkan sebanyak 200 orang dan sampai saat ini, kegiatan vaksinasinya masih berjalan,” kata Hartono ketika diwawancarai di sela-sela kegiatan vaksinasi.

Di samping itu kata Hartono, terkait kerumunan yang masih menjadi persoalan ketika melakukan vaksinasi, Ia mengatakan akan meningkatkan pelayanan kedepannya dengan menyediakan kursi dan tenda.

“Untuk kedepannya kita akan memperbaiki pelayanan kita lebih baik lagi dengan menyediakan tenda dan kursi, namun tetap harus disesuaikan dengan prokes,” ujar Hartono yang baru saja menjabat sebagai Kapolsek di Polsek Lubuk Baja itu.

Melalui kegiatan vaksinasi tersebut, dirinya berharap agar semua masyarakat Batam khususnya yang berdomisili di Lubuk Baja sudah mendapatkan vaksin.

Pada kesempatan yang sama, Kepala UPTD BLUD Puskesmas Lubuk Baja, dr. Agnes Sintalia Saing, menyampaikan bahwa vaksin yang digunakan adalah jenis AstraZeneca dan ditargetkan kepada 200 masyarakat Kecamatan Lubuk Baja.

“Kita menggunakan vaksin AstraZeneca dengan interval waktu 3 bulan dan sasaran sebanyak 200 orang (20 vial),” ucap dr. Agnes.

Lanjut kata dr. Agnes, sebelum melakukan proses vaksinasi, pihaknya terlebih dahulu melakukan pemeriksaan untuk mengetahui apakah pasien layak atau tidak untuk disuntikkan vaksin.

“Sebelum disuntikkan vaksin, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan (screening) yang dilakukan oleh 12 tenaga kesehatan yang terdiri dari Puskesmas Lubuk Baja dan relawan Kepri,” jelasnya.

Selain itu, dr. Agnes juga menyarankan kepada masyarakat yang baru saja disuntikkan vaksin untuk langsung makan, melakukan istirahat yang cukup dan yang tidak kalah penting adalah minum air putih minimal 2 botol per hari.

“Setelah disuntik saya sarankan untuk langsung makan lalu istirahat. Selain itu saya juga selalu arahkan kepada yang baru disuntik vaksin untuk minum air putih yang banyak, minimal 2 botol aqua lebih,” tutupnya. (SOP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here