Peran BP Batam dalam Sejarah Pembangunan Kota Batam

0
1837

Batam — Sejarah mencatat ! Sepanjang sejarah kota Batam, tak bisa kita pungkiri bahwa kemajuan yang diraih kota Batam saat ini tak terlepas dari usaha dan upaya BP Batam yang sebelumnya disebut Badan Otorita Batam (BOB). Hal hal yang dilakukan BP Batam untuk kemajuan Kota Batam yakni Pembangunan infrastruktur jalan, Penyediaan Air Bersih, Listrik serta upaya mendatangkan Investor untuk hadir di Kota Batam.

Menurut pendapat salah seorang tokoh masyarakat Batam yang tak mau namanya di Publikasikan kepada independennews.com mengatakan, bahwa kehadiran BOB di Pulau Batam merupakan cikal bakal kemajuan Kota Batam.

“Dengan hadirnya BOB di Pulau Batam banyak hal yang dapat kita lihat seperti menyiapkan berbagai pembangunan infrastruktur seperti pembangunan infrastruktur jalan, ketersediaan Air, Ketersediaan Listrik.” ujarnya

Menurutnya, banyak hal yang sudah dinikmati oleh masyarakat kota Batam. Selain memikirkan penyedian infrastruktur, Badan pengusahaan ( BP) Batam juga mengupayakan kehadiran Investor di Kota Batam.

“Saya melihat bahwa tumbuh kembangnya kota Batam sebagai kota industri saat ini ada di Tangan BP Batam, bahkan pasang surutnya investror di kota Batam tergantung bagaimana upaya strategi yang di perankan BP Batam. Jika peran yang dilakoni BP Batam Redup maka imbasnya kehadiriran investor juga akan redup. Namun jika diperankan secara menyala maka Batam pun akan jadi idola investasi PMA.”tuturnya

Ada dua tugas pokok BP Batam yang tak bisa kita lupakan Dari tahun ke Tahun boleh kita lihat perkembangan investasi Asing di kota Batam, untuk tahun ini, menurut Kepala BP Batam Ir Lukita Dinarsyah Tuwo belum lama ini mengungkapkan bahwa investasi yang masuk ke Batam Per Agustus Tahun ini sudah mencapai USD 391.000.000,- dari target yang ditentukan sebesar USD 700.000.000.

Menumbuhkan minat investor masuk ke Batam salah satu strategi yang diperankan oleh BP Batam dengan menghadirkan situasi kota Batam yang aman dan kondusif, sehingga para investor berminat menanamkan modalnya di Kota Batam.

“Kegiatan yang termasuk didalamnya dengan mengadakan ivent ivent bergengsi seperti Batam menari dan lain sebagainya,” Ucap Sumber

Dia menambahkan, agar batam menjadi idola para investor asing temtunya kita selaku masyarakat yang tinggal didalamnya harus bahu membahu menciptakan suasana yang nyaman dan kondusivitas, sehingga dengan demikian batam akan menjadi idola Para PMA.” pungkasnya

Hal senada disampaikan akstivis Kota Batam Tain Komari membenarkan bahwa tugas BP Batam sudah jelas yaitu sebagai pengembang. Untuk itu, Kata Tain bahwa tumbuh kembangnya kota Batam ada ditangan BP Batam yang dulunnya Badan Otorita Batam.

Dia juga menyebutkan Bahwa Pemko Sudah Jelas untuk mengurusi Administrasi Kependudukan, Dan BP Batam untuk menghadirkan Investor ke Kota Batam. Tugas kedua instansi pemerintah ini sudah jelas.

” BP Batam melaksanakan amanah Pusat atau Bapenas di Kota Batam, ucapnya singkat. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here