Pengawasan Dinas terkait Lemah, Aktivitas Tambang PT. Indo Inter Intraco Langgar Kesepatakan

0
582

IndependenNews.com , Lingga — Masyarakat Desa Marok Tua, Kecamatan Singkep Selatan, kabupaten lingga mempertanyakan aktivitas tambang galian C oleh PT. Indo Inter Intraco yang saat ini beroperasi wilayah kecamatan Singkep Selatan.

Hal ini disampaikan sejumlah warga desa marok tua kepada Awak media ini, jumat (2/2/18)

Mereka menuding pihak terkait kurang adanya pengawasan dari dinas terkait, pasalnya aktivitas tambang Galian C milik PT.Indo Inter Intraco (pt.3in) tidak sesuai dengan kesepakatan terhadap masyarakat sebelumnya.

Salah seorang J, mengatakan, Kami sangat yakin sekali aktivitas tambang Galian C pt.3in di Desa Kami Marok Kecil , Kecamatan Singkep Selatan, sudah tidak sesuai dengan perjanjian kesepakatan terhadap masyarakat sebelumnya.

“aktivitas tambang yang kerjakan perusahaan sudah melampaui batas, salah satunya, penggalian tambang sudah masuk kebibir pantai dan sungai.” ucapnya

Menanggapi masalah tersebut, Jonkosmos dari LSM peduli kabupaten lingga kepada awak media ini mengatakan benar aktivitas tambang galian C atau dikenal dengan tambang pasir sudah melampaui batas.

“pengecekan di lapangan ternyata memang benar apa yang disampaikan masyarakat, sungguh luar  biasa aktivitas mereka, sudah mendekati bibir pantai dan sungai yang berada di sekitar pengglian,” ucap Jon

Jon menambahkan, Aktivitas tambang tidak lagi memperhatikan dampak lingkungan, terutama Akses Lintas Jalan transit loading mereka, yang juga sekaligus menjadi akses jalan Masyarakat yang munuju Desa Marok Kecil.

Ironisnya kata Jon, akses jalan yang mereka pergunakan dan masyarakat juga tidak ada perawatan sama  sekali, sehingga ketebalan Debu mencapai 10 cm. menyebabkan debu mengganggu masyarakat.

“Tidak sesuai dengan kesepakatan membuat masyarakat kecewa dan menganggap sudah tidak sesuai lagi dengan kesepakatan dari pihak perusahaan yang katanya akan membantu dan memperhatikan kepentingan masyarakat.”katanya
(es/suarman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here