Pemda Anambas Gelar Rakor Sambut Kunjungan Menteri Polhukam RI dan Mendagri RI di Anambas

0
373

ANAMBAS, INDEPENDENNEWS.COM –-Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas menggelar Rapat Koordinasi Lanjutan Persiapan Pelaksanaan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (GERBANGDUTAS) Tahun 2020 , Tingkat KK Anambas Terkait Rencana Kedatangan Menteri Polhukam RI dan Mendagri RI Maret mendatang. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Bupati KKA pada Kamis (30/1/20) Pukul 14.30 WIB sampai selesai.

Kegiatan Rakor tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat KKA yakni Abdul Haris (Bupati KKA), Sriyanto (Perwakilan BNPP RI), Yendi M.M (Asisten III KKA), Akmaruzzaman (Kabag Humas dan Protokol KKA), Eko Desi (Kadishub KKA), Hamka Lubis (Sekretaris Dinas Kominfo KKA), Abdullah Sani (Camat Jemaja), Rais A. Nurdin (Camat Kute Siantan), Rio Rizal (Camat Siantan), Sofian (Kabid BPBD KKA), Wan Makhdar (Sekcam Palmatak) dan jajaran OPD KKA.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati KKA Abdul Haris menyampaikan ucapkan terima kasih kehadiran semua peserta rapat sembari mengatakan bahwa pihaknya sudah siap untuk melaksanakan kegiatan Gerakan Pengbangunan Terpadu Perbatasan untuk menjual wisata Kab. Kep. Anambas agar tertarik datang ke Kepulauan Anambas.

Bagi yang terlibat dalam kegiatan ini, pihaknya meminta nantinya dalam pelaksanaan kegiatan Gerbangdutas harus terlaksana dengan baik dan harus antisipasi apa kekurangannya.

Pada tahun 2019 kemaren, Sambungnya, Kabupaten Kepulauan Anambas rencananya akan masuk dalam program Kegiatan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas). Anambas diusulkan oleh Badan Nasional Pengelola Perbatasan sebagai Gerbangdutas pada Tahun 2020.

Untuk itu, Haris mengajak, kita bahas pembagian tugas dan tupoksi pelaksana, koordinator bidang (Korbid) perlengkapan dan transportasi, Korbid acara dan penyambutan tamu, Korbid Kesehatan, Korbid Publikasi, Korbid Akomodasi, Korbid Kebersihan, Korbid Konsumsi, Korbid Bagasi VIP dan barang-barang tamu.” Beber Haris

Sementara itu, Perwakilan BNPP RI Sriyanto mengatakan, Konsep Awal Kegiatan Rencana Kunjungan Kerja Menteri Polhukam, Menteri Dalam Negeri dan Kepala BNPP di Kabupaten Kepulauan Anambas yang direncakan akan tiba pada tanggal 2 Maret 2020.

Menyusul perencanaan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) yang mencanangkan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) di Kab. Kep. Anambas untuk melakukan percepatan pembangunan di daerah Kep. Anambas sebagai kawasan terluar Indonesia.

“Adapun rangkaian kegiatan pencanangan Gerbangdutas meliputi pencanangan program dan kegiatan Kementerian/Lembaga Tahun di perbatasan negara, termasuk Kegiatan pembangunan di Kabupaten Kepulauan Anambas, peresmian hasil kegiatan Kementerian/Lembaga dan peninjauan hasil pembangunan.

“Kami mengharapkan dari pertemuan ini kami bisa mendapatkan gambaran – gambaran terkait pelaksanaan program kerja kedepan meliputi keadaan masyarakat dan pertahanan keamanan.

Kabag Humas dan Protokol KKA Akmaruzzaman mengatakan, dalam kegiatan rapat bersama bertujuan untuk memastikan titik-titik mana saja yang akan diresmikan.

“Kami disni untuk memastikan lokasi-lokasi mana saja yang akan diresmikan oleh Rombongan Menteri yang akan datang dalam menyambut kegiatan Gerbangdutas, Kami minta bantuan dan dukungan dalam pelaksanaan ini.” ujarnya

Menurutnya, adapun lokasi tempat yang biasa dikunjungi itu hanya 3 lokasi yaitu : Pulau Tarempa, Jemaja, dan Palmatak. Namun sampai saat ini data yang kami terima begitu banyak dari pemda, oleh karena itu kami minta yang paling perioritas. Selanjutnya kami akan menurunkan tim survei dengan bupati yang pantas dikunjungi oleh rombongan Menteri.

“Kami juga menginginkan untuk setiap titik yang akan kita kunjungi nanti agar diberikan kontak person guna mempermudah untuk komunikasi.

Rencana Jadwal Tentative Acara Gerbangdutas yakni pada 02 Maret 2020 , rencana Mendagri RI selaku Ka. BNPP dan Menkopolhukam beserta rombongan take off menuju Bandara Matak. Tiba di Bandara Matak akan dilakukan penyambutan oleh Gubernur Kepri dan Bupati KKA(RS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here