Pemberontak Suriah Dukungan Barat Sebut Tembak jatuh Jet Militer Suriah

0
175

Suriah-Pemberontak Suriah yang didukung Barat mengatakan bahwa mereka telah menembak jatuh sebuah jet militer Suriah pada hari Selasa dan menangkap pilotnya di daerah gurun di Suriah selatan dekat perbatasan dengan Yordania, tempat tentara baru-baru ini maju dan menyita pos-pos perbatasan.

Saad al Haj, juru bicara pemimpin kelompok pemberontak Osoud al Sharqiya, mengatakan kepada Reuters bahwa pemberontak telah menembak jatuh MiG yang dibangun Rusia menggunakan senjata anti-pesawat terbang di pedesaan timur provinsi Sweida.

Haji, yang kelompoknya merupakan satu dari dua kelompok pemberontak utama yang beroperasi di wilayah tersebut, mengatakan bahwa pilot tersebut ditangkap dan diinterogasi. Dia tidak bisa mengatakan apakah pilotnya telah terluka.

Pedesaan timur provinsi Sweida berbatasan dengan Yordania di depan di mana tentara Suriah, di samping milisi yang didukung Iran, telah menguasai pos pemeriksaan dan pos perbatasan.

Provinsi Sweida tidak termasuk dalam gencatan senjata perantara AS-Rusia yang mulai berlaku di daerah-daerah terdekat di barat daya pada bulan Juli.

Pejabat Suriah tidak bisa segera dihubungi untuk memberikan komentar. Reuters tidak bisa secara independen mengkonfirmasi sebuah pesawat telah jatuh.

Sementara itu, Pemberontak Suriah Gratis (FSA) yang mendapat dukungan dari sebuah komando di Yordania yang dijalankan oleh pendukung Arab dan Barat mengenai pemberontakan mengatakan bahwa pertempuran terus berlanjut di wilayah tersebut untuk mencoba mendapatkan kembali tanah yang hilang.

Mereka menyalahkan atas mundurnya tiba-tiba milisi suku yang didukung Yordania yang dikenal sebagai Jaish al Ashair yang telah berpatroli di daerah perbatasan.

Hal ini memungkinkan tentara untuk segera menguasai pos perbatasan dan mendirikan sebuah pos perbatasan yang ditinggalkan pada tahun-tahun awal konflik.

Juni lalu Osoud al Sharqiya mengatakan sebuah jet militer telah turun sekitar 50 km timur Damaskus di sebuah wilayah yang dikuasai pemberontak di dekat garis depan dengan tentara. Video di media sosial dilepaskan dari sisa-sisa pilot dan reruntuhan yang dikatakan sebagai rencana perang.

(red/berita ara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.