Pemadaman Listrik, Menejemen PLN Minta maaf ke Pelanggan

0
60

Batam, independenNews.com- Sehubungan dengan adanya pemadaman bergelir yang terjadi beberapa hari belakangan ini, serta pemadaman bergilir beberapa hari ke depan, hingga waktu yang belum dapat ditentukan, melalui media. bright PLN Batam meminta maaf kepada seluruh pelanggannya.

Hal tersebut terjadi karena disebabkan oleh berkurangnya kemampuan operasional bright PLN Batam untuk menyediakan suplai tenaga listrik ke pelanggan serta defisit daya akibat pemeliharaan pembangkit .

” Kami minta maaf, pemadaman ini terjadi akibat keterbatasan kemampuan operasional. Pemadaman ini memang harus kami lakukan mengingat biaya operasional yang semakin tinggi dan tidak dapat lagi tertutupi, sehingga jika ada salah satu pembangkit yang off karena pemeliharaan maka akan terjadi defisit,” ujar Bukti Panggabean, Manajer of  Public Relations bright PLN Batam, Kamis (7/9/2017) malam.

Biaya Pokok Penyedian tenaga listrik di Batam atau BPP sebesar Rp. 1.448/kwh sedangkan harga jual rata-rata bright PLN Batam hanya Rp.1.350/kwh. Selisih antara BPP dan harga jual tersebut yang mengakibatkan  kerugian yang dialami bright PLN Batam saat ini.

Untuk wilayah padam akan tersebar di Batam, namun mengingat kondisi investasi di Batam sedang lesu dan mengalami penurunan maka bright PLN Batam memprioritaskan untuk industri dan bisnis tidak terjadi pemadaman. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga iklim investasi di Batam dan durasi padam akan menyesuaikan dengan kemampuan pembangkit dan beban feeder,” jelas Bukti.

Kondisi beban puncak di Batam juga telah mencapai ±416 MW pertumbuhan sektor konsumtif/rumah tangga sangat pesat di Batam, sedangkan sektor produktif/industri dan bisnis turun dari tahun ke tahun yang dahulu 32% sekarang hanya 25% dari total pelanggan bright PLN Batam.

Antisipasi yang dilakukan oleh bright PLN Batam adalah dengan membangun infrastruktur di daerah yang pertumbuhan rumah tangganya tinggi dari 32% sekarang naik 37% termasuk daerah Batam Centre. Namun untuk saat ini hal tersebut tidak dapat dilaksanakan karena keterbatasan biaya investasi dan juga penolakan warga terhadap pembangunan jaringan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT 150 KV) Batu Besar-Nongsa.

“Jujur ini situasi yang berat untuk kami di bright PLN Batam, di satu sisi kami harus memberikan keandalan suplai listrik ke pelanggan di sisi lain kami tidak punya cukup biaya operasional untuk menjaga keandalan tersebut.” tambah Bukti lagi.

Dan untuk mendapatkan info lebih akurat, pelanggan dapat memperoleh informasi pemadaman melalui contact centre bright PLN Batam 123 dari Telpon rumah atau 0778 123 dari HP dan dapat juga dilihat pada website info. www.plnbatam.com dan Facebook bright PLN Batam di  www.facebook.com/brightPLNBatam.

“Untuk mengurangi dampak terjadinya pemadaman, kami menghimbau para pelanggan dapat melakukan penghematan penggunaan tenaga listrik selama dilakukannya pemulihan sistem,misalnya dengan mematikan lampu, dan alat-alat elektronik apabila tidak dipergunakan” tutup Bukti Panggabean.

(red/hmspln)

LEAVE A REPLY