Peduli Keselamatan, Kapolsek Tanjungpinang Barat Bagikan Life Jacket Kepada Nelayan

0
202

TANJUNGPINANG, INDEPENDENNEWS.COM — Akhir-akhir ini musim penghujan disertai angin kencang dan gelombang tinggi tidak dapat diprediksi. Cuaca yang cepat berubah sangat membahayakan keselamatan nelayan saat menangkap ikan. Bahkan sebahagian nelayan belum memiliki alat keselamatan memadai seperti menggunakan life jacket karena kurangnya pemahaman keselamatan bagi nelayan.

Menyikapi hal itu, Kapolsek Tanjungpinang Barat Iptu Firuddin beserta anggota mewakili Kapolres Tanjungpinang AKBP Muhammad Iqbal S.H., S.I.K., M.Si, Kamis (5/12/2019) membagikan 20 unit life jacket kepada dua kelompok nelayan yang berada di pesisir jalan usman harun kelurahan Tanjungpinang barat.

Dikatakan Firuddin, kelompok yang menerima life jacket tersebut ialah kelompok Sampan layar yang di ketuai oleh bapak Samsurizal dan Putri duyung yang di ketuai oleh bapak Muhammad sani. Masing masing kelompok mendapat 10 life jacket

“Pemberian life jacket ini kepada nelayan bertujuan agar nelayan kita bisa menggunakannya pada saat nelayan pergi melaut dan apabila terjadi hal hal yang tidak diinginkan mereka bisa menggunakan life jacket ini.” ujarnya

Selian itu, apabika nelayan mendapat masalah di laut seperti mesin pompong mati dan tidak bisa kembali ke darat maka nelayan juga bisa menghubungi pihak Basarnas dengan nomor 0771 319300. Nomor tersebut aktif 24 jam. Ujar Iptu Firuddin.

Dia menyarankan, agar nelayan sebelum pergi melaut, alangkah baiknya mengetahui keadaan prakiraan cuaca di Tanjungpinang dan sekitarnya.
Untuk mengetahui kondisi cuaca, kita sarankan agar menghubungi pihak BMKG dengan nomor 0771 444005, maka nelayan akan mendapatkan informasi mengenai prakiraan cuaca yang akan terjadi di Tanjungpinang dan sekitarnya.” harapnya.

Kegiatan silaturahmi dan Himbauan Kamtibmas serta pemberian life jacket terhadap nelayan ini, juga di hadiri oleh unsur terkait seperti pihak Basarnas, BMKG, Kelurahan, Kelompok nelayan dan warga Kelurahan Tanjungpinang barat.

Prakiraan cuaca saat ini hampir keseluruhan daerah di Indonesia masuk pada musim penghujan disertai dengan gelombang tinggi, kondisi tersebut sudah berlangsung dibeberapa wilayah perairan, agin kencang dan gelombang tinggi. Untuk itu Kapolsek mengimbau kepada seluruh nelayan agar tetap selalu waspada dan berhati hati saat melaut.

“Apabila cuaca tidak bagus atau tidak memungkinkan untuk pergi malaut, maka sebaiknya beraktifitas di darat saja.” tutupnya

Senada dengan itu, Kapolres Tanjungpinang AKBP Muhammad Iqbal S.H., S.I.K., M.Si. y melalui kapolsek mengatakan, pembagian life jacket tersebut merupakan bentuk Kepedulian Polri Kepada Masyarakat Khusus masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan di pesisir jalan Usman Harun Kelurahan Tanjungpinang barat

“Ini merupakan salah satu atensi pimpinan untuk kelola Kamtibmas lebih kondusif dalam memasuki musim penghujan serta musim Angin Utara di bulan Desember ini.” Ujarnya ( juhari )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.