Peduli Kesehatan Masyarakat Dinkes Lingga Cek Makanan Takjil

0
86

INDEPENDENNEWS.COM, LINGGA — Dinas Kesehatan Kabupaten lingga melalui seksi Kesling Kejaor dan PKM Pacur di dampingi Forum Kabupaten Kota Sehat (FKKS ) Lingga utara, melakukan pengecekan makanan berbuka puasa yang dijual di pasar Ramadan di pasar pancur Lingga Utara.

Beberapa jenis takjilpun di ambil sampel untuk di uji kandungannya apakah mengandung bahan berbahaya untuk dikosumsi.

Kepala bidang (Kabid) Promkes Dinas Kesehatan Lingga, Wahyudi Ekaputra, kamis (9/5/2019) mengatakan, pengecekan takjil yang dijual pedagang ini menjadi kegiatan rutin setiap bulan puasa.

Dikatakan wahyudi, Selain memeriksa takjil, juga akan terus dilakukan mengawasan dan pembinaan
dimulai dari tempat pengolahan makanan minuman.

“Kegiatan ini kita lakukan yang bertujuan agar makanan yang diperjual belikan kepada masyarakat untuk berbuka puasa aman dan bebas dari bahan berbahaya. Kita tidak ingin ada penjual yang menggunakan bahan pewarna yang bukan di peruntukan untuk makanan, kita terus mengantisipasi hal itu selama puasa,”katanya

Sementara itu Kasi Penyehatan Lingkungan (PL) Dinkes Lingga Sri Dewi menyampaikan, makanan sampel yang diambil dari pasar akan periksa.

“Kita lakukan pemeriksaan makanan takjil, dan apabila layak dikosumsi maka tidak jadi masalah, tetapi jika ternyata tidak layak atau berbahan lain yang membahayakan, maka kita akan proses.”ujarnya

Sementara itu, untuk memberikan rasa aman, kegiatan peneriksaan makanan takjil ini akan dilaksanakan secara terus menerus.
“Kita akan lakukan pemeriksaan di beberapa pasar di kecamatan yang ada di Kabupaten Lingga.” kata Sri Dewi. ( Juhari )

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.