Pacu Semangat, Dinas Kesehatan Lingga Sosialisasi Akreditasi

0
671
Poto Ilustrasi Petugas Medis (suara)

LINGGA – Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten lingga mensosialisasi Akreditasi Puskesmas, dihadiri seluruh kepala puskesmas beserta staf. Kegiatan tersebut dilangsungkan di Gedung Nasional Dabosingkep belumlama ini.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kabupaten Lingga, dr Mohammad Syamsu Rizal, mengatakan “perlunnya kita memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, terlebih kepada pasien yang membutuhkan perawatan” Katan dihadapan peserta sisialisai

“Pimpinan, staf  dan lapisan paling bawah, harus bisa memahami kenapa dilaksanakan akreditasi, Jangan sampai ada pemikiran bahwa akreditasi ini  menjadi beban serta nambah pekerjaan mereka. Namun lebih dari keharusan dalam pekerjaan yang harus disesuaikan dengan standar akreditasi ” Kata Syamsu Rizal.

Sementara itu, Status Rumah sakit dan puskesmas yang belum  memenuhi akreditasi perlu diusulkan, agar memenuhi perlengkapan peralatan medis. Setelah kelengkapan itu ada, tentu akan menambah rasa aman bagi tenaga kesehatan di rumah sakit maupun di puskesmas saat melakukan tugas.

“Petugas medis akan merasa aman karena sarana dan prasarana tersedia di rumah sakit sudah memenuhi standar. Sementara  standar  yang dijadikan komponen penilaian dalam survey akreditasi nanti dapat terpenuhi dibeberapa tempat pelayanan kesehatan yang ada di kabupaten lingga seperti puskesmas dan rumah sakit.”Kata Syamsu

Sementara, Kepala Bidang ( kabid ) Pelayanan Sumber Daya Dinkes lingga, drg. SITI Nafiah, dalam pemaparannya Puskesmas merupakan salah satu instansi pelayanan publik yang sangat dituntut  memberikan pelayanan yang berkualitas pada semua masyarakat.

Hal ini, sesuai dengan Permenkes Nomor 75 Tahun 2014, Puskesmas sebagai Unit PelaksanaTeknis Dinas kesehatan, harus dapat memberikan pelayanan yang bersifat Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dan Upaya kesehatan Masyarakat (UKM) dengan baik.

“Pelayanan yang bermutu dan berkualitas dapat diwujudkan apabila ada standar yang jelas sebagai pedoman dalam pelaksanaan dan pengawasannya.  Untuk mewujudkan hal itu, sesuai dengan Permenkes, harus terakreditasi dengan baik,” Katanya

Ia berharap pada akhir tahun 2018, Puskesmas telah mendapatkan piagam akreditasi minimal akreditasi dasar. Untuk Mencapai hal tersebut, Melalui Dinas Kesehatan kabupaten terus berupaya melakukan sosialisasi akreditasi kepada seluruh puskesmas di kabupaten lingga.

Untuk itu, bersama camat, lurah, kepala desa, nantinya dapat mempersiapkan diri menuju Puskesmas yang terakreditasi dilingkungannya masing masing.. (Juhari)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.