Nurul Akhyar Harapkan Produk UMKM Tembus Kanca Internasional

0
69

MEDAN, INDEPENDENNEWS.COM — Kehadiran stand PKK Kota Medan menjadi salah satu stand yang hadir dan ikut memeriahkan Kunjungan Duta Besar (Dubes) Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Rumania (Bucharest) M Amhar Azeth beserta Ketua Dharma Wanita Perwakilan RI untuk Rumania (Bucharest) Indriati Martiaz ke Provinsi Sumatera Utara. Kunjungan tersebut dalam rangka melihat secara langsung potensi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Sumatera Utara untuk dapat diperkenalkan dan dipasarkan di Rumania (Bucharest).

Kunjungan Dubes RI untuk Rumania (Bucharest) bersama Ketua Dharma Wanita Perwakilan RI untuk Bucharest tersebut disambut langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi, Wakil Ketua TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah, dan Plt Ketua TP PKK Kota Medan Hj Nurul Khairani Akhyar SE di Rumah Dinas Gubernur Sumut Jalan Jenderal Sudirman, Selasa (3/3).

Kehadiran Pelaksana tugas (Plt) Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Medan Hj Nurul Khairani Akhyar SE bersama pengurus PKK Kota Medan lainnya tiba pukul 09.00 wib langsung mengunjungi stand PKK Kota Medan yang ikut memeriahkan acara tersebut. Adapun kerajinan yang dipamerkan yakni hasil dari para pengrajin UMKM yang ada di Kota Medan.

Sebagai ucapan selamat datang ke Sumatera Utara, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah mengucapkan selamat datang atas kunjungan Dubes RI untuk Rumania (Bucharest), M Amhar Azeth bersama rombongan ke Provinsi Sumatera Utara. Dalam ucapan selamat datangnya Musa Rajekshah juga menyampaikan sekilas pandang tentang Provinsi Sumatera Utara yang memiliki banyak keunggulan dan potensi yang dapat di promosikan ke Rumania.

“Di Sumut memiliki banyak produk unggulan salah satunya ialah kopi dan produk UMKM lainya termasuk juga budaya yang dapat di promosikan ke Rumania,” ujar Musa Rajekshah.

Sementara itu Dubes RI untuk Rumania (Bucharest), M Amhar Azeth menjelaskan bahwa tujuanya berkunjung ke Sumut yaitu untuk melihat potensi yang di miliki Provinsi Sumut sehingga dapat dijalin kerjasama dengan negara Rumania.

“Apabila kerjasama antara Sumut dan Rumania terjalin maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi juga pernikahan antara warga Sumut dan warga Rumania,” Kata M Amhar Azeth.

Lebih lanjut lagi dirinya menjelaskan bahwa negara Rumania juga memiliki banyak potensi seperti peternakan dan pertanian, bahkan Rumania juga terkenal dengan ilmu Kedokteran dan Farmasinya.

“Keadaan ekonomi di Rumania juga cukup stabil sehingga pantas untuk kita menjalin kerjasama berbagai bidang dengan negara Rumania,” jelasnya lagi.

Sedangkan Plt Ketua TP PKK Kota Medan, Hj Nurul Khairani Akhyar berharap melalui kunjungan Dubes RI untuk Rumania (Bucharest) ke Kota Medan ini, produk-produk hasil pengrajin kota Medan yang menjadi binaan PKK Kota Medan dapat semakin dikenal ke luar Kota Medan bahkan hingga ke manca negara.

“Saya berharap produk asli dari pengrajin dan UKM Kota Medan dapat semakin di kenal tidak hanya di dalam negeri saja melainkan juga hingga ke Bucharest,” harap Nurul.

Stand PKK Kota Medan yang turut di tinjau M Amhar Azeth beserta rombongan ini menampilkan beragam produk kerajinan tangan seperti tas, hiasan bunga, hiasan dinding yang terbuat dari bubuk teh serta kerajinan tangan lainya. Tidak hanya itu saja PKK Kota Medan juga menampilkan olahan makanan dan minuman seperti manisan buah, kangkung rendang , kangkung arsik, dan sirup telang kesturi.(KR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.