Dinas Kesehatan Karimun Mencatat 31 Orang Wanita Menderita Kanker Serviks

0
428

Independennews.com, Karimun — Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun telah mencatat sebanyak 31 wanita menderita gejala kanker serviks dari 1.000 orang yang telah mengikuti pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) pada 2017 lalu.

Demikian disampaikan Kepala Dinkes Karimun Rachmadi dalam acara sosialisasi dan pemeriksaan IVA. Senin (19/2/18) di karimun.

Dikatakan Rachmadi bahwa penderita Gejala kanker serviks tersebut terdeteksi melalui pemeriksaan IVA, saat ini mereka masih memungkinkan untuk disembuhkan secara medis. Karena itu kami sedang gencar-gencarnya melakukan sosialisasi dan pemeriksaan IVA.

Secara umum Puskesmas di Karimun sudah bisa mendeteksi dini kanker serviks melalui pemeriksa IVA. Pasalnya, kanker serviks rentan terjadi pada wanita-wanita yang sudah pernah melakukan hubungan sex, terutama di usia 30-50 tahun dan wanita yang suka ganti-ganti pasangan.

Rachmadi juga menyarankan para wanita agar lebih aktif melakukan pemeriksaan IVA guna mendeteksi dini kanker serviks, minimal lima tahun sekali. Program IVA baru diterapkan di Kabupaten Karimun sejak tahun 2015 dan 2016, ada 14 wanita yang terdeteksi kanker serviks dari 290 wanita yang ikut pemeriksaan.

Namun angka tersebut cenderung naik, di mana pada 2017 dari 1.000 wanita menjalani pemeriksa didapatkan positif gejala kanker serviks ada 31 orang. “Untuk tahun ini kita secara gencar melakukan tes IVA untuk menekan angka penderita kanker serviks, di mana setiap kecamatan itu memiliki Pokja untuk membantu mensosialisasikannya,” tutupnya.(Razaali)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here