Meyday ! Nuryanto Minta Komisi IV lakukan Pembahasan Terkait Maraknya TKA

0
578

independennews.com, Batam — Ratusan buruh yang tergabung dalam Aliansi Pekerja Buruh Indonesia yaitu Serikat Pekerja Mandiri (SPM), FPBI, konfederasi KASBI, KPBI peringati Meyday dengan menggelar aksi unjuk rasa damai, Selasa (1/5/18) di depan kantor Pemerintah Kota Batam dan DPRD Kota Batam.

Dalam aksi demo mey day ini, para buruh yang tergabung dalam Aliansi Pekerja Buruh Indonesia yaitu Serikat Pekerja Mandiri (SPM), FPBI, konfederasi KASBI dan KPBI, menyampaikan beberapa tuntutan yang disampaikan melalui pengeras suara yakni

1.Hapus sistim kerja kontrak dan autsourcing.

2. Tolak politik upah murah, berlakukan upah layak nasional.

3. Tolak PHK, union Busting dan kriminalisasi aktivis buruh.

4. Laksanakan hak-hak buruh perempuan dan lindungi buruh migran indonesia.

5. Tangkap, adili dan penjarakan pengusaha nakal.

6. Berlakukan jaminan sosial untuk buruh, bukan asuransi sosial.

7. Turunkan harga bbm dan harga kebutuhan pokok.

8. Berikan pendidikan dan kesehatan gratis untuk seluruh rakyat.

9. Tetapkan umsk kota batam tahun 2018.

10. Kinerja pengawasan ketenagakerjaan tidak maksimal, penegakan aturan ketenegakerjaan yang lemah. “Buruh tetap satu, jangan mau dipecah belah oleh politik-politik.

selain itu, para buruh juga menyampaikan keluhan terkait peraturan pemerintah yang dianggap sangat menindas mereka yakni PP 78 yang dirasakan sangat tidak berpihak kepada buruh.

menurutnya, saat ini buruh juga sangat tertekan, menyusul bahan harga pokok sembako yang selalu naik. Akibatnya gaji yang diterima oleh buruh tidak sesuai, dan tidak cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

” Pemerintah tampaknya tidak berani mengambil kebijakan sehingga Harga bahan pokok sembako tetap melambung, ‘ Ujarnya

sementara itu, untuk mengamankan jalannya aksi demo meyday , Wakapolda Kepri Brigjen Yan Fitri menyebutkan bahwa pihaknya menerjunkan pengamanan setudaknya polda kepri menurunkan 1500 personil.

” Kami turunkan 1500 personil gabungan untuk mengamankan jalannya peringatan Hari Buruh yang jatuh setiap tanggal 1 Mei, hari ini. ” ujar Yan Fit. didampingi ketua DPRD Batam Nuryanto

Ketua DPRD Batam Nuryanto mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi aksi para buruh. Karena Aksi mereka bisa berjalan dengan situasi yang aman dan kondusif.

“dalam peringatan meyday hari ini , situasi aman tidak ada bentrok antara buruh dengan petugas keamanan, tentunya membawa angin segar bagi dunia bisnis di kota Batam, ” ujar Nuryanto

lanjutnya, semoga pada tahun tahun berikutnya situasi yang aman seperti ini bisa tetap terjaga.

” pemerintah daerah dan DPRD kota Batam dalam waktu dekat akan membahas terkait maraknya TKA di Batam. Dan saya akan mendesak komisi IV untuk dilakukan pembahasan terkait TKA tersebut.” Ujarnya (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here