Mewujudkan Satu Data Kependudukan Lewat Sensus Penduduk 2020

0
151

LINGGA, INDEPENDENNEWS.COM — Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lingga melaksanakan sosialisasi sensus penduduk tahun 2020 mendatang. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang tujuan sensus penduduk 2020, yakni menyediakan data jumlah penduduk, komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk Indonesia menuju ” Satu data kependudukan Indonesia”.

Kepala BPS Kabupaten Lingga Sumarmono S.Si dalam sambutannya mengatakan, bahwa BPS merupakan Instansi vertikal dan BPS Lingga menjalani perintah dari BPS Pusat untuk melakukan kegiatan besar yakni sensus penduduk, yang dilakukan 10 tahun sekali di tetapkan pada tahun Nol (0) atau 2020.

Selain sensus penduduk ada juga sensus lainnya seperti sensus pertanian yang ditetapkan di angka Tiga (3) seperti tahun 2013 Sedangkan untuk sensus Ekonomi di tetapkan pada angka enam (6) yakni di tahun 2016.

“BPS juga melaksanakan Survey yang dilaksanakan secara berkesinambungan yakni perbulan, triwulan dan tahunan, seperti Survey ekonomi, pertanian, perdagangan dan sebagainya. Dalam melaksanakan survey biasanya BPS dibantu dengan organik dan di bantu mitra, yang hasilnya di sampaikan ke tingkat Kabupaten. Untuk tahun 2020 mendatang bertepatan adalah sensus penduduk yang dilakukan secara nasional di seluruh Indonesia, untuk wilayah Lingga dilakukan oleh BPS lingga.

Adapun pesan pada sosialisasi Sensus Penduduk 2020 BPS, kata Sumarmono, Indonesia bukan hanya pulau pulaunya, bukan sekedar gambar diatas peta, Indonesia adalah sebuah cerita, yang di tulis dengan berbagai suku bangsa sebagai kalimat dan setiap penduduk sebagai hurupnya, tugas kami adalah mengabadikan mencatat itu semua sebagai bekal untuk kenajuan negara kita.

“Sejak Indonesia merdeka telah 6 ( enam) kali dilaksanakan Sensus penduduk ( SP ) mulai 1961, 1971, 1980, 1990, 2000, dan 2010 dan 2020 mendatang. ” Indonesia merupakan negara yang berpenduduk terbesar ke-4 di Dunia,“ ujarnya

Menurutnya, Sensus Penduduk 2020 merupakan sensus penduduk ke – 7 dengan dasar pelaksanaan sensus penduduk UU No 16 tahun 1997 tentang Statistik , resolusi United nations 2020, world population and hausing programe. Mengapa Indonesia perlu sensus…? Perekaman langsung data penduduk, menyediakan data penduduk de fakto dan de jure (2020), menyedeiakan parameter demografi dan proyeksi penduduk (2020).

Tujuan SP 2020 guna menyediakakan data jumlah komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk Indonesia ” Satu Data Penduduk Indonesia “
Pengumpulan data, dilakukan dengan berbagai pengumpulan Metodologi pelaksanaan sensus penduduk (moda) Computer Assisted Web Interviewing (CAWI)

CAWI merupakan metode pengumpulan data dengan bantuan teknologi yang berbasis internet. Computer Assisted Personal Interviewing (CAPI), CAPI merupakan metode pengumpulan data dimana petugas akan dibantu dengan perangkat elektronik. 

Paper Assisted Personal Interviewing (PAPI) merupakan metode pendataan dimana proses pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner atau daftar isian berupa kertas. ( Juhari )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.