Makam Keramat Desa Teluk Kuali Banyak Dikunjungi Peziarah

0
1806

INDEPENDENNEWS.COM, TEBO –Makam keramat Kh Ahmad Sungai Macang yang di kenal oleh masyarakat Nenek Sungai macang banyak didatangi para pejiarah. Makam tersebut berada di simpang logpon, Desa Teluk Kuali Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi yang diperkirakan sudah berusia Kurang lebih 400 tahun.

Warga setempat Syrgawi mengisahkan, bahwa Kh Sungai Macang adalah seorang siar/penyebar agama islam, sekaligus seorang pejuang pembela tanah air pada masa penjajahan belanda.

“Kh. Ahmad Sungai Macang adalah tokoh sakti dari teluk kuali, konon ia mempunyai kekuatan sakti yang kulitnya tidak dapat tertembus oleh senjata apapun, selain itu, ia juga mempunyai kekuatan yang kuat. Menurut masyarakat Desa pernah Kh Ahmad Sungai Macang mendorong sebuah perahu dari tepian sungai batang hari ke sebrang batang hari dengan sekali dorong, dengan kekuatan nya perahu tersebut sampai nenancao di tebing sungai, ini masih dapat di saksikan hingga sekarang.

Selain itu, kata Syrgawi, Kh ahmad Sungai Macang juga memiliki pasukan berupa hewan buas seperti Buaya dan harimau sumatra yang di kisahkan menjaga desa teluk kuali hingga saat ini.

Pada Bulan bulan tertentu Makam Sungai Macang banyak didatangi para peziarah dengan tujuan bernazar, atau melepas nazar. Paling ramai pejiarah datang, Kata Syrgawi, pada awal-awal bulan ramadhan.
“Hampir setiap tahun ramai dikunjungi para peziarah dari luar daerah,”ucap Syargawi

Oleh karena makam keramat ini sudah dianggap Masyarakat sebagai makam bersejarah, syrgawi berharap agar pemerintah daerah Tebo menjadikan makam kramat ini sebagai cagar budaya, dan dapat di jaga dan di lestarikaan keberadaan nya.” Harap Syargawi (Fdh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here