Majelis Umat Kristen Indonesia Dukung Pemerintah RI Ikut Selesaikan Konflik Rohingya

0
893
Jakarta-Tragedi memilukan kekerasan kemanusian terhadap umat  muslim rohingya di Myanmar menjadi sorotan dunia termasuk Majelis Umat Kristen Indonesia (MUKI)
Dalam siaran pers MUKI menyatakan keprihatinanya kepada umat muslim rohingya yang menjadi korban pembantaian secara massal oleh tentara Myanmar tersebut.
Melihat Perkembangan kekerasan kemanusiaan yang dialami etnis Rohingya di Myanmar semakin
meluas, mengakibatkan banyaknya korban jiwa dan harta benda serta perpindahan secara terpaksa etnis Rohingya dari kediamannya di Rakhine, Myanmar.
Majelis Umat Kristen Indonesia memandang kekerasan yang terjadi terhadap etnis Rohingya merupakan tragedi kemanusiaan yang harus
segera dihentikan.
Sebagai negara yang menjunjung tinggi konstitusi dan hak asasi manusia, bangsa Indonesia terpanggil untuk mengambil bagian dan berperan aktif dalam menyelesaikan konflik
kekerasan kemanusiaan terhadap etnis Rohingya yang diduga dilakukan pemerintah Myanmar.
Karena itu Majelis Umat Kristen Indonesia (MUKI) menyerukan pernyataan sikap :
Pertama, MUKI menuntut pemerintah Myanmar menghentikan segala bentuk tindakan kekerasan kemanusiaan yang sedang berlangsung terhadap etnis Rohingya di Rakhine, Myanmar.
Kedua, MUKI mendukung sepenuhnya Pemerintah Republik Indonesia untuk berperan aktif dalam menyelesaikan kekerasan kemanusiaan terhadap etnis Rohingya serta membantu pengungsi Rohingya.
Ketiga, MUKI mendorong Pemerintah Republik Indonesia menjadi penggerak kemanusiaan di Myanmar dan di Asia Tenggara.
Keempat, MUKI meminta kepada semua umat pada umumnya dan umat Kristen pada khususnya untuk berdoa bagi keselamatan dan kesejahteraan etnis Rohingya baik yang di Rakhine maupun yang ada di pengungsian.
Kiranya Tuhan Allah menolong kita semua.
(red/MUKI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here