Lingga Berupaya Raih “Padapa” 2019, dari Kemendagri dan Kemenkes

0
152

Lingga, Independennews.com — Setelah menerima Prestasi bergengsi penghargaan Piala Adipura 2018. Kabupaten Lingga kembali berupaya untuk mendapatkan piala ” Padapa” dari SKB dua kementerian yakni Kementerian dalam negeri dan kementerian kesehatan sebagai kabupaten/kota yang Sehat.

Pencapaian penghargaan dari dua kementerian itu bertujuan tercapainya kondisi Kabupaten /kota untuk hidup dengan bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi warganya, dengan cara terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lainnya, sehingga dapat meningkatkan sarana dan produktifitas dan perekonomian masyarakat.

Ketua Forum Kabupaten Kota Sehat (F-KKS) kabupaten Lingga, Hj. Heryulita Alias Wello, sebagai penggerak dalam upaya meraih ” piala Padapa” dari kemendagri dan kemenkes di ajang 2 tahun sekali, berupaya melakukan persiapan-persiapan memulainya dengan melaksanakan aksi bersih bersih dikawasan pantai sergang desa Tanjung Harapan, kecamatan singkep.

Semua anggota F -KKS dikerahkan begitu juga Camat Singkep, Satpol PP, dan semua OPD yang terlibat, Polres Lingga dan jajarannya.

Hj. Heryulita Alias Wello, jumat (25/1/2019) di sela- sela kesibukannya bersama angggota FKKS lainnya pada saat membersikan kawasan pantai, juga menyempatkan diri memberikan Alat Alat kebersihan kepada kepala Desa Tanjung Harapan, H. Rahman dengan tujuan upaya kebersihan kawasan pantai yang dipimpin kepala desa terus berlanjut.

” kami berharap pada tahun 2019 ini Kabupaten Lingga yang barang tentunya melalui F-KKS ini dapat meraih “Padapa”, Untuk itu kepada semua elemen baik itu unsur pemerintahan maupun masyarakat dapat memberikan dukungannya ” doa restu”, harap Ketua F-KKS Kabupaten Lingga, dilokasi.

Penilain KKS piala Padapa untuk tahun 2019 ini, baru merupakan langkah awal untuk maju pada tatanan berikutnya di tingkat yang lebih tinggi.

” sudah ada Enam dari sepuluh kecamatan pendukung ( tidak termasuk kecamatan yang baru di mekarkan), ke Enam kecamatan ini Sudah terverifikasi sebagai sasaran penilaian Tim.

Adapun ke-enam kecamatan tersebut diantaranya, Kecamatan Singkep, Singkep Barat, kecamatan lingga timur, lingga utara, dan kecamatan Lingga.” ujar Kepala Seksi Bidang Kesehatan Masyarakat dan Penyehatan Lingkungan Dinas kesehatan Kabupaten lingga. Sri Dewi

Sementara itu Sekretaris F-KKS Kabupaten Lingga Afdal mengatakan, untuk meraih di ajang tingkat Padapa” harus memenuhi 2 tatanan yakni, Kawasan Pemukiman sarana Sehat, yakni, Udara bersih, air sungai bersih, pengelolaan Sampah, perumahan dan pemukiman, pertamanan dan Hutan kota, pengelolaan pasar, dan Tatanan kehidupan Masyarakat sehat yang mandiri, seperti kawasan tertib lalu lintas, kawasan pariwisata sehat, kawasan industri dan perkantoran, kawasan pembangunan sehat, kawasan hutan sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri serta kehidupan sosial yang sehat. (juhari)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.