KPUD dan HJD Gelar Sosialisasi dan Dialog Interaktif

0
122

independennews.com, Lubuklinggau — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan bekerja sama dengan Organisasi Himpunan Jurnalis Daerah (HJD) menggelar kegiatan Sosialisasi dan Dialog Interaktif dengan Insan Pers. Kegiatan ini Mengusung tema “Jurnalisme Sehat” bagi para Insan pers se- Kota Lubuklinggau, Kabupaten Musi Rawas dan Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) Bertempat di Ballroom Hotel Hakmaz Taba, Selasa (15/5)

Dalam kesempatan itu, Ketua HJD Kota Lubuklinggau Agus Kurniawan mengatakan bahwa pihaknya berharap pers selaku pilar ke-4 demokrasi, nantinya dapat memberikan peran aktif terhadap suksesnya Pilkada Kota Lubuklinggau.

“Pers memiliki peran strategis untuk memberikan kontribusinya terhadap suksesnya Pilkada, sehingga peran aktif rekan-rekan wartawan sangat dibutuhkan,” ungkapnya.

Ketua KPUD Kota Lubuklinggau, Efriadi Suhendri menjelaskan, pihaknya mengapresiasi seluruh kontribusi insan pers dalam mendukung suksesnya gelaran Pilkada Kota Lubuklinggau. Tak lupa Ketua KPUD mengucapkan banyak terima kasih atas semua bentuk bantuan Oleh semua pihak khususnya Masyarakat sehingga beberapa tahapan-tahapan menuju Pilkada Walikota dan Wakil Walikota lubuklinggau dapat berjalan dengan baik dan aman.

“Kami selaku penyelenggara Pilkada, terus melakukan yang terbaik untuk suksesnya Pilkada Kota Lubuklinggau. Hingga saat ini, komunikasi dengan seluruh pihak terus kami lakukan” Namun, kami tentu membutuhkan dukungan seluruh pihak, termasuk peran insan pers dalam membantu penyelenggaraan Pilkada dan kami ucapan terima kasih yang besar kepada semua pihak juga masyarakat sehingga semua tahapan pilkada dapat berjalan baik dan aman” jelasnya.

Sementara itu, Pj Walikota Lubuklinggau, H Riki Junaidi yang berkesempatan hadir membuka acara iniĀ  mengaku sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, sebab peran insan pers sangat penting, termasuk dalam penyelenggaraan pilkada.

“Peran insan pers sangat penting. Kegiatan seperti ini harus menjadi contoh bagi penyelenggara pilkada di daerah Sehingga, peran pers untuk mensosialisasikan Pilkada sangat dibutuhkan. Suksesnya Pilkada merupakan harapan kita semua. Semoga kerjasama antara penyelenggara pilkada dan insan pers terus terjalin kedepan,” tandasnya

Sedangkan Kurniawan Azahari selaku nara sumber dari Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Propinsi Sumatera Selatan menjelaskan bahwa peran media dan wartawan dapat di Implementasikan pula selaku pengawasan terhadap pelanggaran-pelanggaran yang terjadi dalam pilkada dengan mempublikasikannya sehingga pihak terkait dapat melakukan tindakan atas pelanggaran tersebut Karena dengan keterbatasan personil yang ada Panwaslu yang bertugas melakukan pengawasan sangat perlu bantuan Media dan masyarakat, diharapkan pula Media dapat memberikan Pendidikan politik yang baik kepada Masyarakat dan ikut meningkatkan parsitipasi pemilih dalam pilkada agar pemilih Golput dapat di minimalisir

“Peran Media baik cetak,elektronik dan Online sangat penting dalam memberikan pendidikan politik, pengawasan dan meningkatkan tingkat parsitipasi masyarakat dalam memilih” tegas Kurniawan (Hasbullah/Roni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.