Konversi BBM ke BBG Bantu Petani, Kepala UPT BP3 Usulkan Kembali 378 Petani Ditiga Desa

0
32

LABUHAN DELI – Peralihan bahan bakar minyak (BBM) ke BBG (bahan bakar gas) kepada kaum petani di Kec.Labuhan Deli, Kab.Deli Serdang, sangat membantu sekali. Ternyata penggunaan gas lebih hemat.

Selama ini para petani di kawasan Desa Karang Gading, Desa Telaga Tujuh serta Desa Pematang Johar telah merasakan perbedaan bagaimana menggunakan minyak dan gas saat menjalankan mesin pompa air.

Perbedaan dirasakan petani jauh efektip bila memakai gas daripada menggunakan bahan bakar minyak.

Menurut Mariono seorang petani di Desa Karang Gading, penggunaan gas dirasakan petani lebih hemat saat melakukan pekerjaan di sawah.

“Tujuh liter minyak sebanding dengan 1 tabung gas. Harga gas jauh lebih murah ketimbang harga solar maupun bensin,” kata petani Mujiono, Selasa (17/11/2020) kemarin.

Dikatakan Mujiono, peralihan BBM ke BBG menjadikan pekerjaan lebih cepat dan tak ribet, sementara selisih uang dari pemakaian gas bisa kita tabung ke rumah.

“Warga yang mendapat bantuan mesin pompa air 169 unit bersama tabung gas diberikan kepada petani di Desa Karang Gading serta Desa Telaga Tujuh,” ujar Mujiono

Penyearahan bantuan dan sosialisasi kepada petani ini dihadiri tenaga ahli dari anggota DPR RI Tipatul Sembiring dan Abdul Wahab Dalimunthe Komisi 7, Anwar Mukhlis, Bupati Deli Serdang diwakili Putra Jaya Manalu selaku Asisten Perekonomian dan Pembangunan Deli Serdang, Kadiskanla ir Aleiah Sarifah MMA, Kadis Pertanian Kamaludin, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Tengku M Zaki Aufa, pihak Kementerian ESDM Wahyudi Akbari, mewakili Pertamina Pier.

Selain itu Camat Hamparan Perak Eko Safriadi, Camat Labuhan Deli Syafii Sihombing, kelompok nelayan dan para undangan lainnya.

Data baru petani yang masuk rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK) ada sekitar 1700 petani meliputi Desa Karang Gading dan Desa Telaga Tujuh. Untuk itu Kementerian ESDM menganjurkan agar usulan baru kembali dilakukan sehingga petani dapat merasakan konversi BBM ke BBG.

Kepala UPT BP3 (Balai Pelaksana Penyuluhan Pertanian) Wilayah 10 Kec.Labuhan Deli, Abdul Djalil, mengusulkan untuk menerima bantuan sebanyak 378 petani dari 3 desa di Kec.Labuhan Deli yaitu Desa Karang Gading, Desa Telaga Tujuh dan Desa Pematang Johar.

“Pengajuan baru itu dilakukan kare a sangat bermanfaat bagi petani, maka kita usulan cepat untuk petani di Desa Karang Gading, Desa Telaga Tujuh serta Desa Pematang Johar,” jelas Ka.UPT BP3 Wilayah 10 Abdul Djalil. (M)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here