Komjen Budi Gunawan bakal duduki pucuk pipinan BIN

0
604

Jakarta-Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan langkah Mensesneg Pratikno mengantarkan surat pengajuan calon kepala Badan Intelijen Negara (BIN) secara langsung ke DPR menunjukkan bahwa pergantian pucuk pimpinan BIN sangat urgen.

“Pratikno diterima langsung oleh Ketua DPR Ade Komarudin, Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan, dan Wakil Ketua DPR Agus Hermanto dan Fadli Zon. Pratikno kemudian langsung dibawa ke ruangan Ade untuk melakukan pertemuan tertutup.

Menurutnya, surat pengajuan BG (Komjen Budi Gunawan) sebagai calon Kepala BIN. akan dibahas dalam rapat pimpinan DPR sebelum diajukan ke Komisi I DPR untuk dilakukan fit and proper test.

“Saya optimistis BG akan disetujui untuk menjadi Kepala BIN menggantikan Sutiyoso karena Wakapolri itu dinilai sudah layak untuk menduduki jabatan itu.” Kata Fahri Hamzah, Jumat 2 September 2016 di Senayan, Jakarta

Fahri menegaskan bahwa jabatan Kepala BIN merupakn hak prerogatif presiden karena itu dipastikan presiden telah melakukan penelitian yang mendalam selian memastikan orang yang dapat dipercaya.

“Saya percaya presiden sudah komunikasi intensif dengan BG sebagai calon kepala BIN sebelum diajukan ke Dewan. Sebagai mata dan telinga, tentunya pak Jokowi tidak mau ambil risiko mengangkat BG,” ujarnya.

Fahri menyebutkan Presiden juga memahami bahwa BG pernah lulus dalam fit and proper test untuk menjadi Kapolri. Hanya saja ketika itu, BG gagal dilantik jadi Kapolri menggantikan Timur Pradopo sebagai Kapolri karena dijadikan tersangka oleh KPK meski kemudian status itu dicabut.

Sebelumnya, santer terdengar kalau posisi Kepala BIN akan diganti dan surat pengajuan BG ke DPR telah diserahkan. Tapi dalam beberapa kesempatan Ketua DPR Ade Komarudin membantah telah menerima surat pengajuan BG dari Presiden Jokowi. (Red/harianjogja)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here