Komisi I DPRD Anambas Konsultasikan Perubahan Ranperda Dengan Biro Hukum Pemprov Kepri

0
159

 

Independennews.com, Anambas – Komisi l Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Anambas melakukan Konsultasi dengan Biro Hukum Provinsi Kepulauan Riau terkait Perubahan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Nomor 2 Tahun 2016 tentang Desa yang terlaksana di Kantor Gubernur Kepri Dompak, pada Selasa (27/4/2021).

Ketua Komisi I DPRD Anambas Yusli YS, S.IP saat dihubungi lewat telepon genggamnya Selasa (27/4) malam menjelaskan, bahwa Perubahan Perda Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Desa didasari adanya peraturan perundang undangan baru seperti UU Nomor 6 Tahun 2014, PP Nomor 11 Tahun 2019 tentang peraturan pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Permendagri Nomor 110 Tahun 2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa (BPD), serta Permendagri Nomor 67 Tahun 2017 tentang Pengangkatan dan pemberhentian Perangkat Desa.

Dia menyebukan, ada 28 Pasal mengalami perubahan diantaranya tentang mekanisme pengangkatan dan pemberhentian perangkat Desa dan tentang syarat-syarat calon anggota BPD, serta ada pasal mengatur tentang tugas dan fungsi BPD sesuai Permendagri 110 Tahun 2016.

Ada satu poin menarik, sambung Yusli, usai dipilih dan dilantik BPD wajib menyusun Tata Tertib BPD sesuai aturan di Permendagri Nomor 110 Tahun 2016. Sama halnya dengan syarat keikutsertaan menjadi BPD ada merangkap jabatan.

“Hasil konsultasi kita dengan Biro Hukum Propinsi, “ada kearifan lokal akan kita muat dalam Perda tersebut kedepan, untuk mengikuti calon anggota BPD, kita berikan ruang dari kalangan/status mana saja asalkan ketika dia terpilih harus mengundurkan diri dari rangkap jabatan supaya tugas dilaksanakan dengan lebih efektif dan fokus,”terangnya

Yusli menambahkan, berdasarkan Permendagri Nomor 67 Tahun 2017, Calon perangkat desa ada persyaratan khusus seperti syarat harus mampu mengoperasikan komputer dan microsoft office dan lain, nanti akan dimuat di syarat untuk menjadi perangkat desa.

” Intinya, perangkat desa serta BPD harus lebih berkualitas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat kedepannya,”imbuhnya (RS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here