Kilas Balik Dari Seorang Sahabat, ‘Selamat Jalan Birgaldo Sinaga’

0
343

Penulis : Nimrod Sitohang

Birgaldo Sinaga atau sering disapa birgal adalah Lulusan SMA 3 Medan dan juga alumni politeknik USU Jurusan Mesin angkatan tahun 1993

Pada Tahun 1997 setelah lulus dari politeknik USU. Dia bekerja di PT.Rubycon Batam . Perusahaan manufacturing capacitor milik Jepang.

Dia merupakan rekrutan dari kampus Politeknik USU dimana kala itu alumni politeknik USU hampir semua direkrut oleh banyak perusahaan dan mereka datang menjemput ke kampus.

Setelah beberapa tahun bekerja di PT.Rubycon. Birgal akhirnya memutuskan diri keluar dan bekerja di perusahaan Singapore . Sebagai Service Engineer. Namanya Universal compressor.PTE.LTD.

Perusahaan ini bergerak dalam servicing dan supply compressor. Bekerja diperusahaan ini lah awalnya dia mulai mengasah insting bisnisnya. Sejak bekerja di perusahaan ini waktunya mulai banyak bekerja di siang hari. Sebelumnya dia bekerja di PT.Rubycon adalah masuk shift Malam dan pagi.

Dan membuat dia tidak leluasa untuk mengembangkan kemampuannya. Lalu dia juga mulai bekerja sebagai agent asuransi prudential sebagai part timer.

Selama 4 tahun bekerja dii universal compressor. Dia juga mulai menjalankan bisnis second alat alat electronics seperti TV. dan speaker dan Alat electronics lainnya.

Waktu terus beranjak. Nyali dan insting bisnisnya terus diasah. Pada akhirnya dia juga ikut dalam lelang pembelian semua aset salah satu perusahaan asing di batam. Perusahaan itu tutup, lalu semua asetnya di Jual.

Birgaldo Sinaga merupakan pemenang untuk membeli semua aset perusahaan itu. Dan menjualnya ke pihak ketiga. Teringat Kala itu dia mengatakan modal nol rupiah. Tetapi bisa beli rumah di bilangan batam centre serta ruko dan Mobil.

Waktu terus berputar. Birgaldo bergerak dan terus mengasah kemampuannya. Dia termasuk Salah satu leading alumni politeknik USU di batam dalam meraih kesuksesan.

Era tahun 2000-an. Dia sudah memiliki rumah kost sekitar 100 kamar. Dan Ada beberapa unit ruko serta Mobil. Semua diperoleh Karena kerja keras..

Saya (Nimrod Sitohong-red) dengan dia sama sama bekerja di universal compresor PTE LTD selama 2 tahun. Banyak hal konyol dan guyon yang Kami alami berdua saat itu.

Suatu ketika. Kami memasang compressor di Singapore expo. Kami bekerja dengan orang myanmar. Ketika berangkat kerja Kami duduk di pick up bak terbuka. Saat melintas Di hutan woodland. Dia bilang. Smell something die.

Lalu saya yang duduk sebelahnya nyahut dia. Baunya Sama dengan yang tadi malam lae. Dia ngakak. Dia bilang .daya ingat lae hebat betul. Saya dan dia Kala itu Masih lajang. Belum Ada batasan. Semua serba konyol. Lalu canda.

Seiring waktu berlalu. Saya mulai boring bekerja di perusahaan itu. Lalu saya bekerja sebagai wartawan JPNN. Kala itu sijori pos. dan Birgaldo Sinaga bekerja Di MHE Demag sebagai kepala cabang di batam.

Kami Masih terus berkomunikasi dan saling berlomba untuk meraih sukses. Pada akhirnya dia membuka perusahaan sendiri yang bergerak dalam contractor oil and gas. Supply dan sewa crane. Bisnisnya sangat bagus Kala itu .

Saya juga setelah keluar dari beberapa perusahaan lainnya setelah 6 bulan jadi wartawan . Akhirnya membuka usaha sendiri .

Kami sering berkomunikasi dan Ngopi bareng. Terkadang guyonan Kala lajang dulu Masih sering keceplosan. Walaupun setelah menikah dia menjadi Hula hula saya .

Dua aminggu lalu. Saya WA dia . Lae saya mau balek batam. Ngopi Kita ya di tempat biasa. Dia jawab. Siap lae. Sembari membahas perihal pencalonan DPD lae . Dia Sudah bulat niatnya untuk maju jadi calon DPD Dari provinsi kepri tahun 2024

Dia orang yang sangat humble. Baik Dan sangat guyon. Leluconnya juga sangat berkualitas. dan peduli pada orang kecil.

Selamat jalan lae Birgaldo Sinaga persiapan mu menuju firdaus itu telah lae persiapkan matang. Bahkan semua media sosialmu sudah di setting ke mode privacy. Tidak bisa di tag.

Lae adalah inspirasi saya dalam membenci kemiskinan. Saya Akan selalu ingat . Kerja keras dan belajar keras. Adalah modal utama dalam memberantas kemiskinan. Sesuai petuah lae. Damailah bersama Bapa di Sorga . Damailah bersama Hembang Sihombing, teman seperjuangan lae dalam DNC Batam . (Ns)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here