Jokowi Peringati Hari Lahir Pancasila secara Virtual di Istana Bogor

0
101

 

Independennews.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperingati Hari Lahir Pancasila, 01 Juni 2021 secara virtual di Istana Bogor, Selasa (01/06/21).

Perangkat upacara dalam peringatan tersebut yakni Joko Widodo sebagai Inspektur Upacara, Ketua MPR Bambang Soesatyo sebagai pembaca teks Pancasila, Ketua DPR Puan Maharani sebagai pembaca pembukaan UUD 1945.

“Dan Menko bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy memimpin pembacaan doa, menjalankan tugas secara virtual dari lokasi masing-masing,” ujar Jokowi dalam keterangan tertulisnya seperti dikutip dari akun Instagram pribadinya.

Melalui peringatan yang bisa dibilang dengan cara yang baru dan virtual ini, Jokowi berharap pendalaman Pancasila juga dilakukan dengan cara baru.

“Perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila hendaknya juga dilakukan dengan cara-cara baru yang luar biasa dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” sambungnya.

Ia mengaku saat ini Pancasila sedang menghadapi tantangan globalisasi, seperti kemudahan berinteraksi lintas negara yang juga bisa digunakan oleh ideologi-ideologi trans-nasional untuk merambah keseluruh pelosok Indonesia. “Tanpa mengenal lokasi dan waktu,” tuturnya.

Ia juga mengajak masyarakat untuk bersatu dan aktif dalam memperkokoh nilai Pancasila.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif, memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju yang kita cita-citakan,” tutupnya.(sop)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here