Jadi Kontraktor, Tugas Oknum Pendamping Desa di Pertanyakan

0
125

Independennews.com, Muaratebo — Tugas pokok Pendamping Desa yang utama adalah mengawal implementasi UU Desa dengan memperkuat proses pelaksanaan pemberdayaan masyarakat desa.

Pendamping Desa dalam melaksanakan tugasnya menyelenggarakan fungsi:
fasilitasi penetapan dan pengelolaan kewenangan lokal berskala desa dan kewenangan desa berdasarkan hak asal-usul, memfasilitasi penyusunan dan penetapan peraturan desa yang disusun secara, partisipatif dan demokratis, fasilitasi pengembangan kapasitas para pemimpin desa untuk mewujudkan
kepemimpinan desa yang visioner, demokratis dan berpihak kepada
kepentingan masyarakat desa fasilitasi demokratisasi desa fasilitasi kaderisasi desa fasilitasi pembentukan dan pengembangan lembaga kemasyarakatan desa fasilitasi pembentukan dan pengembangan pusat kemasyarakatan di desa dan/atau antar desa fasilitasi ketahanan masyarakat desa melalui penguatan kewarganegaraan,
serta pelatihan dan advokasi hukum fasilitasi desa mandiri yang berdaya sebagai subyek pembangunan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan desa yang dilaksanakan secara partisipatif, transparan dan akuntabel.

fasilitasi kegiatan membangun desa yang dilaksanakan oleh supradesa secara partisipatif, transparan dan akuntabel
fasilitasi pembentukan dan pemngembangan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) fasilitasi kerjasama antar desa dan kerjasama desa dengan pihak ketiga fasilitasi pembentukan serta pengembangan jaringan sosial dan kemitraan.

Desmayenti alias yeni salah satu oknum pendamping desa yang jelas sudah fungsi dan pokok dari tugasnya itu, kini telah keluar dari jalur tugasnya, yang diduga telah meminta jatah pekerjaan dari beberapa Desa yang ada di Kecamatan Tebo Ulu. Hal itu pun sudah tidak menjadi rahasia umum lagi di Kecamatan Tebo Ulu.

Minta jatah proyek Dana Desa ini, oknum tenaga pendamping desa ini pun secara terang – terangan mengutarakannya pada Teboonline.com, bahwa ia tidak saja sekali atau dua kali. Namun, sebelumnya pun ia sering melakukannya.

Namun, sampai saat ini belum ada kejelasan secara pasti atas perbuatan dari pendamping Desa tersebut. Karena memanfaatkan waktu dalam kesempitan sehingga menjadikan jabatannya sebagai peraup keuntungan dari Desa. (dar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.