Imigrasi Kelas II TBK berhasil Amankan Dua orang WNA Berkebangsaan Myanmar

0
146

Silabuskepri.co.id, Karimun — Tim pengawasan dan penindakan kantor imigrasi kelas II Tanjung Balai Karimun berhasil mengamankan 2(orang) WNA berkebangsaan Myanmar yang diduga telah melakukan pelanggaran ketentuan keimigrasian di 2(dua) kasus yang berbeda.

Kedua WNA itu yakni Inisial B Alias Khuni diduga Warga Negara Myanmar diamankan pada hari kamis 19 Juli 2018 sekitar pukul 09:00 wib. Petugas imigrasi mendapat informasi dari masyarakat bahwa terdapat 1(satu) orang WNA di duga berkebangsaan Myanmar. Diduga masuk dari/ atau berada di wilayah Indonesia yang tidak memiliki dokumen perjalanan dan visa yang sah dan yang berlaku, setelah dilakukan pemantauan dan pemeriksaan di dapat fakta bahwa benar terdapat 1 (orang) yang diduga WNA berkebangsaan Myanmar

Kedua B alias Khunai yang tinggal di daerah sungai pasir RT.01 Rw.01 kelurahan sungai pasir kecamatan Meral Kabupaten Karimun tidak memiliki dokumen perjalanan yang sah, selanjutnya WNA tersebut diamankan oleh petugas imigrasi dan informasi. Awal dari yang bersangkutan telah tinggal di Tanjung Balai Karimun selama kurang lebih 23 tahun tanpa dokumen perjalanan dan izin tinggal yang sah.

Inisial AML, WNA berkebangsaan Myanmar datang ke menggunakan fasilitas BVK pada tanggal 23 Juli 2018, dan mengaku pada petugas imigrasi di pelabuhan internasional Tanjung Balai Karimun dalam rangka wisata dan berjumpa dengan teman. Namun setelah dilakukan pemantauan dan pembuntutan pada tanggal 24 Juki 2018 sekitar pukul 07:30 wib. WNA tersebut masuk kedalam perusahaan PT SAIPEM, selanjutnya petugas menunggu diluar perusahaan selama 30 menit. Setelah dirasa cukup kemudian petugas masuk kedalam PT SAIPEM dan mendapati fakta bahwa WNA berkebangsaan Myanmar atas nama inisial AML berencana melakukan kegiatan pelatihan di perusahaan tersebut.

Bahwa sampai dengan saat ini terhadap ke 2(dua) WNA berkebangsaan Myanmar tersebut masih dilakukan pemeriksaan dan penyidikan secara internal di Kantor Imigrasi kelas II Tanjung Balai Karimun (Hms / James N)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.