Hut Sumpah Pemuda ke 90 di Anambas, Wakil Bupati KKA Sampaikan Amanah Kemenpora

0
477

Anambas, Independennews.com –Upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke 90 Tahun 2018, di Lingkungan Pemda Anambas dipimpin wakil Bupati Anambas Wan zuhendra, Senin (29/10/18) bertempat di Lapangan Upacara Kantor Bupati KKA jln imam bonjol no 34 Kel Tarempa.

Kegiatan upacara hari sumpah pemuda tersebut mengangkat tema BANGUN PEMUDA SATUKAN INDONESIA”.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati KKA Wan Zuhendra menyampaikan Amanah Menteri pemuda dan olah raga Republik Indonesia mengatakan, bahwa hari ini kita memperingati hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia yang kita cintai ini, yaitu Hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018.

“Kita semua berhutang budi kepada para tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini.” Ujarnya

Lanjut Wan Zuhendra mengatakan, Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing.

Tetapi pada sisi yang lain, perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari hoax, hate speech, pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabil kaum muda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara.

“Revolusi mental yang dicanangkan oleh Bapak Presiden Ir. Joko Widodo amatlah relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju. Ciri pemuda yang maju adalah pemuda berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing.” Katanya

Lebih jauh Wan Zuhendra mengatkan, Tahun 2019 Bangsa Indonesia akan menggelar hajat besar Pesta Demokrasi untuk memilih dan menentukan Pimpinan Nasional dan Daerah yaitu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota legislatif baik DPR RI, DPD RI, DPRD Tk.I dan DPRD Tk.II.

“Untuk itu peran dan tanggung jawab pemuda dalam menyukseskan proses Pemilihan Umum nanti, amat sangat dibutuhkan. Partisipasi aktif pemuda dalam PEMILU 2019 perlu ditingkatkan untuk mewujudkan pemilu yang damai, kredibel dan berkualitas.

“Pemuda Indonesia, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbananmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia.” demikian amanah menpora yang dibacakan Bupati KKA.

Adapun peserta upacara yakni 1 Pleton Perwakilan PNS dan PTT , 1 Pleton eselon KKA, 1 Pleton DPD KNPI , 1 Pleton Dishub, 1 Pleton Satpol PP , 1 Pleton FKPPI dan Pemuda Pancasila, 1 Pleton Kwarcab Pramuka KKA , 1 Pleton Para Pelajar sma/ smp/sd/sekec Siantan. ( Firmandani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here