Hendak di Ekspor, Bakamla RI Amankan 3 Unit Konteiner Berisi Arang Bakau

0
326

BATAM, INDEPENDENNEWS.COM — Petugas Bakamla mengamankan 3 unit kontainer berisi arang bakau, selain itu turut diamankan kapal tugboat SM XVII dan Tongkang Best Link-1818. Penangkapan kapal tongkang bermuatan arang bakau ini dilakukan oleh Tim gabungan Satgassus Trisula Bakamla RI, KLHK dan Disperindag, pada Rabu (25/12) di perairan Batam tujuan Singapura.

Demikian disampaikan, Laksamana Muda Bakamla S Irawan sebagai Sekretaris Utama (Sestama) mengatakan, tiga kontainer berisi arang bakau diamankan pihaknya karena disimpan tanpa dokumen yang jelas atau ilegal. 

“Tiga unit konteiner berisi arang bakau Ilegal, tanpa mengantongi dokumen yang sah atau dokumen palsu. Hal itu sangat berbahaya bagi negara khusus lingkungan hidup,” kata Irawan dalam jumpa pers di Batu Ampar, Jumat (27/12). 

Dia mengatakan, pengiriman barang keluar negeri dilakukan oleh PT. Anugerah Makmur Persada dengan eskportir Ahui di Dapur 6 Sembulang Galang dan PT. Fortindo dengan mengekspor dari Jembatan 5 P. Galang.

“Ada dua perusahaan yang melakukan ekspor arang ilegal tersebut,” katanya. 

Sementara itu modus pengiriman, kata Irawan, para pelaku mengekspor memanipulasi atau memalsukan dokumen seperti jenis dan nama barang eksport.

Ekspor selalu mengecilkan nilai barang dalam Faktur, yaitu dengan mengubah harga barang yang diekspor. Jadi nilai barang Ekspor dikecilkan, maka mungkin-olah keuntungan ekspor pun menjadi kecil. 

Dengan demikian pajak penghasilan ekspor yang harus dibayar oleh ekspor juga kecil. Dengan demikian dapat dibuktikan bahwa Impor tersebut terindikasi melakukan manipulasi pajak.

Diketahui bahwa arang tersebut berasal dariHutan Bakau di Kawasan Hutan Lindung juga Kawasan Hutan Lainnya di Batam, P. Meranti, Tanjung Pinang, P. Moro, Selat Panjang dan Pulau-pulau lainnya di wilayah Kep. Riau.

Merajuk ke peraturan dan perundangan yang dilangar yakni : Pasal 108 Undang-undang No. 7 tahun 2014 tentang Perdagangan (Pemalsuan Dokumen).

Pasal 112 Undang-undang No. 7 tahun 2014 tentang Perdagangan (Larangan Ekspor. (P. Sib/Ack)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here