Hari Anti Korupsi Sedunia, Gabungan LSM di Pelalawan Siap Berperang

0
366

PELELAWAN, INDEPENDENNEWS.COM –Setiap tanggal 9 Desember diperingati hari Anti Korupsi Sedunia. Hal ini dilakukan mempunyai pesan dan harapan setiap Negara, terkhusus Negara Indonesia, berharap melalui perayaan anti korupsi tersebut Indonesia bebas dari┬ápraktik korupsi berkat kerjasama semua stakeholder.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Forum Lintas LSM Kabupaten Pelalawan. Pranseda Simanjuntak,SH, kepada Independennews.com saat ditemuai di kantornya. Senin, (09/12/2019).

“Masyarakat yang apatis menyebabkan kebutaan akan hak-haknya serta bersikap menyerah pada penyalahgunaan yang dilakukan oleh pejabat. Sementara pejabat Pemerintahan yang tidak berprinsip, hanya akan mengikuti arus dominan yang ada di lingkungan kerjanya tanpa bisa berpikir kritis dalam memahami dan melaksanakan hak dan kewajibannya,” kata Pranseda

Dirinya menegaskan, pemberantasan praktik korupsi tidak cukup dilakukan oleh lembaga KPK. Tapi harus bekerja sama dengan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.

“Jika berbicara mengenai korupsi, patut disadari bahwa penanganannya bukan hanya merupakan tanggung jawab Komisi Pemberantasan Korupsi dan penegak hukum saja. Tetapi juga memerlukan peran serta masyarakat,” tegasnya.

Hal tersebut dikatakannya sesuai dengan UU pemberantasan korupsi.

“Dengan adanya partisipasi masyarakat di setiap Daerah, maka akan membantu Pemberantasan Korupsi yang masih marak terjadi  sampai hari ini, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi , dalam pasal 41 ayat (5) dan pasal 42 ayat (5) diatur,” tambahnya.

Peran serta masyarakat tersebut seperti mencari, memperoleh, memberikan data, atau melaporkan informasi terkait tindak pidana korupsi kepada Lembaga KPK.

“Kami sebagai penggiat anti korupsi dari berbagai LSM yang ada di Kabupaten Pelalawan, tergabung dalam satu wadah yakni Forum Lintas LSM Kabupaten Pelalawan akan terus berperan aktif dalam memerangi kejahatan tindak pidana Korupsi yang merupakan musuh dari bangsa ini,” tutupnya.

Liputan : Harris
Editor : P. Sib

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here