Hadapi Ujian Akhir Dan Kenaikan Kelas, Suherman SH Minta Guru Jaga Kesehatan dan Pelajar Rajin Belajar

0
301
Foto : Pjt Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna Hendra Kusuma

Independennews.com, Natuna – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna Suherman SH mengatakan Ujian Akhir semester tingkat sekolah Dasar (SD) sederajat dan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) sederajat yakni kelas 6 dan Kelas 9 akan dilaksanakan secara tatap diluar daring (luring)

“Ujian lulusan bagi kelas 6 SD dan kelas 9 SMP akan dilaksanakan ujian lokal saja, sementara Ujian Nasional untuk tahun ini sesuai arahan menteri pendidikan ditiadakan,” ujar Suherman saat dihubungi lewat selulernya, Sabtu (27/3/21)

Lanjut Suherman mengatakan, sementara ujian kenaikan kelas bagi pelajar SD kelas I sampai dengan kelas 5 dan Pelajar SMP kelas 7 dan 8 akan diadakan pada awal bulan mei mendatang.

Foto : Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna Suherman SH

“Pelaksanaan ujian kenaikan kelas akan diadakan melalui tatap muka atau diluar jaringan (Luring), karena belajar tatap muka sudah dibuka, tetapi harus tetap mematuhi anjuran pemerintah atau mengikuti protokol kesehatan,” kata Suherman

Kepada seluruh pelajar tingkat SD dan SLTP, Suherman berpesan untuk tetap mempersiapkan diri dengan giat belajar sehingga nantinya saat menghadapi ujian berlangsung tidak kesulitan untuk menjawab soal soal yang akan diujiankan oleh para guru.

“Kita harapkan para pelajar untuk tetap rajin membuka buku, agar bisa memperoleh hasil yang memuaskan,”harapnya.

Sementara itu bagi para guru-guru di Natuna, Suherman menyampaikan pesan untuk tetap menjaga kesehatan agar dalam menghadapi ujian nantinya tidak ada yang sakit.

“Karena jika Guru sakit tentu akan mengganggu kelancaran proses pelaksanaan ujian,” ucapnya

Dia juga menyampaikan agar para guru dan pelajar di Natuna untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) yakni memakai masker, rajin cuci tangan, rajin berolahraga serta menghindari tempat tempat keramaian.

Sementara itu, untuk Pelajar tingkat SMA sederajat merupakan tanggung jawab dari Dinas Pendidikan Provinsi. “Kita hanya diberi wewenang tingkat SD dan SMP.”tutup Suherman.

Hal senada disampaikan, Pjt Sekda Natuna, Hendra Kusuma mengatakan bahwa pelaksanaan ujian akhir sekolah dan ujian kenaikan kelas ditingkat Sekolah Dasar (SD) sederajat dan Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SLTP) sederajat di Natuna akan dilaksanakan dengan ujian tatap muka atau luar jaringan (Luring), namun kelas tetap dibagi dengan jumlah siswa per kelas 18 orang.

” Kita kurangi jumlah siswa perkelas agar memungkinkan siswa-siswi jaga jarak, dan siswa tidak terlalu banyak dalam satu kelas,”ujar Hendra Kusuma

Dia juga berharap, meskipun saat ini dalam suasana pandemi Covid 19, pelaksanaan ujian tatap muka dapat berjalan sesuai rencana.

” Yang tentunya kita berharap semua siswa dapat lulus dengan nilai yang baik,”ucapnya

Foto : Pjt Sekda Natuna Hendra Kusuma

Kepada seluruh siswa dan para guru, Hendra Kusuma berpesan agar tetap menjaga kesehatan terutama disiplin dengan menjalankan protokol kesehatan. Jangan sampai lalai yang berakibat fatal bagi siswa-siswi maupun para guru.

“Kita menghimbau para orang tua siswa untuk selalu memperhatikan putrta-putrinya dengan memakai masker dan cuci tangan serta menghindari kerumunan,” Tutup Hendra (lubis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here