Dukung TMMD 105 Kodim 0313/KPR Danramil 09/LGM Berjibaku Padamkan Api

0
226

INDEPENDENNEWS.COM, PELELAWAN — Tim Danramil 09/Langgam turut membantu pemadaman Kebakaran hutan di Desa Penarikan, Langgam, Kab. Pelalawan, Selasa, 30 Juli 2019, Sekitar Pukul 14 : 38 WIB Siang, keikutsertaan Tim Danramil 09 memadamkan api untuk mewaspadai agar kebakaran Tanah Gambut Penarikan Langgam tidak terulang.

Kapten Arh Kharidon Sitio Danramil 09/Langgam dan anggota Subsatgas 7 Tim 8 Koramil 09/Langgam dan instansi terkait lainnya berjibaku melawan titik api di Desa Penarikan, Kecamatan Langgam, pada Minggu (28/7/19)

Kerja tim menekan titik api agar tidak terus meluas, dengan bantuan tim akhirnya api lambat laun dapat diatasi dengan dukungan sumber daya alat pemadam api yang ada.

“Larangan membakar hutan dan lahan telah disampaikan kepada masyarakat namun dugaan masih adanya oknum masyarakat yang lalai hingga terjadinya kebakaran hutan, dan lahan menyebabkan dampak buruk meningkatnya suhu panas dan cuaca diliputi kabut asap,” ungkap Danramil 09/Lgm.

“Tim Satgas karlahut secara bersama sama melakukan pemadaman saat itu, karena cuaca cukup panas dan angin kencang, sehingga api sulit diatasi, namun upaya pemadaman terus dilakukan melalui tim darat dan tim udara menggunankan helykopter.” terang Kapten Arh Kharidon Sitio.

Lanjutnya, di Akunya bahwa kondisi medan sangat berat, melewati jalan yang diperkeras kemudian menggunakan “perahu kecil yang diberi mesin” (ketinting-red) hanya bisa di naiki lima orang saja melewati kanal dan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati gambut yang cukup dalam, bila tidak hati hati bisa terperosok kedalamnya.

“Upaya pemadaman terus di lakukan saat, saat itu anggota tim tak kenal lelah terus berjibaku menghadapi api dan kepulan asap, sembari terus mengingatkan anggota agar tetap waspada dan berhati-hati,” ungkapnya.

Ditambahkannya, masyarakat perlu mewaspadai, bahwa lahan yang terbakar tersebut merupakan lahan gambut serta semak belukar yang mudah tersulut api. “Saat ini kondisi cuaca kering dan panas
, bila terjadi lagi sulit untuk dipadamkan, ungkap Kapten Arh Kharidon Sitio, Danramil 09/Lgm. (harris.s)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here