Dua Item Pekerjaan di SDN 101918 Kecamatan Beringin Deli Serdang Rawan Penyimpangan

0
171

DELI SERDANG, Proyek pembangunan pagar Sekolah Dasar Negeri (SDN) 101918 di Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang disinyalir ada peyimpangan, pasalnya pondasi dan bahan bangunan pagar sekolah tersebut tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang telah disepakati dalam kontrak.

Bersarkan informasi yang diperoleh dari warga setempat mengatakan, bahwa pondasi atau cakar ayam pondasi pagar dalam RAB seharusnya ukuran pondasi sedalam 30 Centi Meter, namun hanya berkisar 20 Centi Meter.

Selain itu, kata Sumber, bahan besi untuk pembesian pondasi tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang seharusnya menggunakan besi beton untuk tiang memakai ukuran 12 KS (SNI), tapi besi yang digunakan memakai ukuran 10 banci.

“Kami meragukan kekuatan pondasi pagar Sekolah ini, daerah kita rawan gempa sehingga sangat berbahaya bagi pelajar jika sewaktu-waktu tumbang dan menimpa anak-anak sekolah yang sekolah di SDN 101918,” ujar Sumber kepada Independennews.com pada Senin (27/10/2020) kemaren.

Proyek pembangunan pagar Sekolah Dasar Negeri (SDN) 101918 dikerjakan oleh CV Arif Sukses Jaya Lestari, dmegan sumber dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD)P 2020 Kabupaten Deliserdang dengan pagu anggaran sebesar Rp 188 juta rupiah, yang ditandatangani oleh PPATK Wagino Sajali dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Swandi Napitupulu.

“Kami menilai pembangunan pagar sekolah Dasar Negeri (SDN)! yang dikerjakan oleh CV. Arif Sukses Jaya Lestari bukan mengurangi masalah, namun menambah masalah bagi para pelajar karena pagar yang dikerjakan bisa mendatangkan musibah dikemudian hari apabila ada gempa yang mengakibatkan pagar roboh dan menimpa anak didik,” ujar sumber.

Adapun bentuk proyek yang diperoleh SDN 101918 yakni Kegiatan pekerjaan rehabilitasi gedung SDN 101918 yang dikerjakan CV Arif Sukses Jaya Lestari senilai Rp 188.500.000, dan Kegiatan Pekerjaan Rehabilitasi Gedung sekolah dikerjakan CV FAM Group dengan nilai Rp 105 juta rupiah.

Menanggapi keluhan warga ini, Wagino Sajali selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) saat dikonfirmasi awak media ini mengatakan laporan tersebut akan ditindak lanjuti kepada Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).

“Sebelumnya kami ucapkan terima kasih atas informasinya pak,” ucap Wagino Sajali kepada awak media ini.

Untuk dua item pekerjaan pada sekolah Dasar Negeri ini, Sambung Wagino, kedua kegiatan pekerjaan itu harus sesuai dengan yang ada di RAB, dan mereka diikat oleh kontrak kesepakatan yang ditanda tangani oleh PPK,”ujarnya

Namun ketika ditanya soal pekerjaan diduga tidak sesuai dengan RAB, Wagino dengan cerdik menjawab, nanti saya sampaikan ke PPK.” ucapnya

Hingga berita ini diunggah belum ada kejelasan terkait kapan di periksa kedua kegiatan tersebut. (Sugeng)

(Bessmbung)

(Hari’s)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here