Disnakertrans Lingga, Akan Kirim Peserta Pelatihan ke BLK Tanjungpinang

0
173

 

Lingga, Silabuskepri,co.id – Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, pada ahun 2021 ini akan mengirimkan Peserta mengikuti Pelatihan ke BLK di Tanjung Pinang.

Dalam waktu dekat ini juga akan diberangkatkan tahap II, karena itu dibuka peluang bagi Anak Lingga untuk mengikuti pelatihan di Balai Latihan Kerja, Seperti Bintan, Medan, Padang, Bekasi, Bandung dan Semarang.

Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lingga Zulfikar ST, Kamis ( 4/2/2021) di ruang kerjanya mengatakan, Blk Tanjungpinang meminta kepada Disnaker Lingga agar mengikuti BKL di Tanjungpinang, terdapat beberapa jenis pelatihan yang diberikan, tergantung pilihan anak.

“Jurusan yang disediakan oleh BLK Tanjungpinang yakni Listrik, Las, Pendingin, Otomotif, Teknik Manufaktur ( CAD), Bubut logam, Elektronika, Menjahit dan Komputer serta lainnya,” Ujar Zulfikar.

Pada kesempatan ini, Pihak Disnaker sudah mengirimkan surat/ formulir untuk peserta kepada pihak camat untuk diteruskan kepada lurah dan Desa.

Kegiatan ini menueut Zufikar, adalah upaya Disnakertran Lingga dalam menekan tingkat pengangguran bagi tenaga kerja fomula dengan memberikan skill.

“Pelatihan ini kita lakukan berdasarkan Surat Bupati Lingga, sedang membuat MoU meminta Kuata dibeberapa BLK, yang berbasis Kompetensi diantaranya ke Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi, Program Pelatihan Cloud Computing, dan Memprogram dan Pengembangan,” jelas Zulfikar

Selanjutnya BBPKL Medan juga menyediakan Kejuruan Pariwisata sub Kejuruan Taur Guide, sub Kejuruan Ticketting, sub Kejuruan Bakery ( teknik semprot dan oles). Sedangkan untuk BLK Semarang ialah pelatihan jurusan Akuntansi dan Garmen Apparel.

Pelatihan bagi para pemula ini merupakan upaya pemerintah Kabupaten Lingga, tidak saja hanya menyiapkan Skill bagi tenaga kerja pemula, tetapi juga mengupayakan Penempatan bagi yang sudahemgikuti pelatihan.

” Dinas Tenaga Kerja sendiri akan melakukan upaya kerja sama dengan Perusahaan Perusahaan maupun Badan Usaha yang ada di Lingga, Bintan dan Batam.”tutup Zulfikar ST. ( juhari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here