Dishub Lingga Ingatkan Angkutan Truk Bermuatan Lebihi Kavasitas

0
54

Lingga, Independennews.com — Dinas perhungan kabupaten lingga, Memberikan peringatan kepada satu unit angkutan logistik , asal Jambi yang melakukan pelanggaran muatan lebih (overloading) dan pelanggaran dimensi (over dimension) di jalan Pahlawan pada senin (25/2/2019)

Kepala Seksi LLAJ Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga, Adi Sutisna, dikonfirmasi di kantornya jalan kampung Damnah setajam kelurahan Dabo mengatakan, pihaknya saat ini tidak melakukan penahanan truk asal Jambi tersebut. Tetapi kedepannya, kita akan menindak tegas bagi mereka yang kedapatan melakukan pelanggaran muatan lebih (overloading) dan pelanggaran dimensi (over dimension).

Penerapan Penindakan yang kita lakukan nanti sesuai dengan Surat Edaran Direktorat perhubungan darat, dalam melakukan penertiban odol, over dimensi Over Loading.

Untuk penerapan penindakan tersebut, Kementeri Perhubungan (Kemenhub) sudah menjalin kerja sama dengan Kejaksaan Agung untuk melakukan penyidikan terhadap truk over dimensi.

Langkah hukum, kata Adi Sutisna
diambil berdasarkan aturan UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Sementara Kasi Teknik dan Keselamatan angkutan darat Dinas perhubungan kabupaten lingga Amirudin Menambahkan sesuai Pasal 277 UU 22/2009 menyatakan bahwa setiap orang yang memasukkan kendaraan bermotor, kereta gandengan, dan kereta tempelan ke wilayah Republik Indonesia, membuat, merakit, atau memodifikasi kendaraan bermotor yang menyebabkan perubahan tipe kereta gandengan, kereta tempelan dan kendaraan khusus yang dioperasikan di dalam negeri yang tidak memenuhi kewajiban uji tipe, katanya

sebagaimana dimaksud Pasal 50 Ayat 1 dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 tahun atau dengan Rp24 juta. Tutur Amirudin ( juhari)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.