Dirjend Kelautan dan Perikanan Dorong Pembangunan Pulau Mapur Bintan

0
1011

Bintan-Pontensi sumberdaya alam kelautan dan Perikanan jika di kelola secara optimal tentu mampu mensejahterakan rakyat. Kelestarian sumberdaya kelautan dan perikanan luar biasa dampaknya bagi pembangunan Nasional.

Hal ini disampaikan Dirjend Kementerian Kelautan dan perikanan di Desa Mapur, Kecamatan Bintan Pesisir, Kabupaten Bintan, Sabtu (13/5/17)

Dia juga mengatakan bahwa dirinya bahagia dengan kunjungannya kepulau Mapur, keindahan alam laut, pasir dan batu bataun besar terlihat mempesona menambah keindahan alamnya.

“Kita sangat mengapresiasi masyarakat desa Mapur yang luar biasa pedulinya terhadap kelestarian lingkungan melindungi alam laut dengan semangat kebersamaan.

“Pemuda dan masyarakat bahu membahu dalam membangun suatu ivent aco Run yang baru selesai di selenggarakan. Pemerintah daerah menjadikan ivent ACO run agenda tahunan. Sementara Ditjend kementrian kelautan dan perikanan akan mensupport Eco Run tersebut.”katanya
Dia juga mengaku bahwa Pulau bintan terkenal dengan pulau pulaunya dan pantainya yang sangat indah, alamnya yang alami, dan juga biota biota lautnya seperti lamon, dan laut bintan wilayahnya, Dungong, pesut, dan juga merupakan wayan wayan penyu sisik.

“Harapannya kedepan khususnya pulau mapur titik konservasi harus di manfaatkan jadi tempat wisata baik lokal dan internasional, agar masyarakatnya lebih sejahtera. untuk mengembangkan konservasi wisata di pulau mapur masyarakat dan Pemda harus bekerja sama.

“Menyiapkan kapal kapal yang bisa langsung ke pantai mapur agar touris dapat langsug turun dimana tempat yang di kunjunganya. Nantinya kapal tersebut langsung di kelola masyarakat mapur. Dengan demikian mapur kedepan bisa cepat berkembang menjadi tempat konservasi eko wisata dan juga di dukung tempat khusus menu makanan laut, terlebih yang harus perlu di kembang membangun kengiatan komunitas, sehingga masyarakat bisa langsung menikmatinya, pertumbuhan ekonominya pun jauh lebih baik.” Ditjend.
Hal senada Ketua komosi IV DPR RI Herman Khaeron juga mengatakan Dengan visi dan misi menteri kelautan dan perikanan Susi Pudji astuti kelanjutan pemanfaatan dan kesejahteraan ada 3 hal yang tidak bisa di pidahkan.

Herman sangat mengapresiasi pemerintah daerah dengan semangat masyarakat akan kepedulian menjaga kelestarian alam lautnya sangat luar biasa.

“Masyarakat desa mapur luar biasa melestarikan penyu sisik tanpa adanya insentif yang di peroleh baik dari dinas terkait, warga tetap melestarikan konservasi alam laut,”puji sang dewan

“hal ini tak terlepas dari kemauan kesadaran, ini bukan hal yang mudah, seru Herman. DPR akan mendorong menjaga kelestarian pertumbuhan alam laut dan menjaga kawasan besar. DPR akan mendorong kemajuan pulau mapur yang potensi alamnya sangat indah luar biasa, dengan menyiapkan ivent ivent bertaraf internasional maka dunia akan mengetahui keindahan pulau mapur.” Imbuhnya

Bupati Bintan Apri Sujadi D sos mengucapkan ribuan trimakasih dari semua kengiatan dapat terlaksana dengan baik, mulai dari eco Run, sportkling, Daifing dan pelepasan tukik yang telah di selenggarakan berjalan lancar dan mantap.

Menurutnya, yang menjadi kekurangan dan keunggulan pulau sudah jelas kita ketahui. Sementara yang perlu kita lakukan menjaga ekosistimnya secara bersama-sama baik itu masyarakat dan pmerintah daerah.

“Kita harus terus berupanya menggali potensi alamnya dengan potensi yang sudah ada.”katanya
Menurutnya melalui dinas kelautan dan perikanan kabupaten bintan kedepan akan memperhatikan masyarakat desa mapur yang sangat luar biasa membuka kesadaran warga sendiri dalam melestarikan ekosistim laut dan melestarikan penyu.

“lebih jauh apri mengatakan bukan hanya di pulau mapur saja tetapi di kecamatan tambelan hal serupa masyarakatnya pun sangat antusias. Pemerintah daerah akan membuat program terintegrasi sekaligus di daerah pulau pulau di bintan dan tidak sepotong sepotong, bahkan seluruh daerah di bintan.

Selain itu, penangkaran kuda laut yang balum tergali dan terexspos. kuda laut di bintan juga termasuk yang memiliki banyak jenis, ini juga perlu di gali dan di jaga juga. Penangkaran kuda laut sudah di kembangkan dan harus terus dilakukan.

“Terntunya pemerintah daerah sangat mendukung semua pelestarian dengan berupaya membangun infratruktur lainnya, dengan kujungan Ditjend kementrian kelautan dan perikanan, bersama DPR RI, Ke pulau bintan bisa mendorong pembangunan di pulau pulau di bintan, agar masyarakat bintan lebih sejahtera dan menjadi bintan yang Gimilang.katanya. (cr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here