Dinkes Lingga Evaluasi Standar Pelayanan Minimal di Puskesmas

0
74

Lingga, Independennews.com — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lingga menggelar pertemuan untuk membahas evaluasi Standar Pelayanan Minimal (SPM) di Hotel Prima Iin Dabosingkep pada kamis (21/3/2019)

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga dr. Asri Wijaya mengatakan, Monitoring Evaluasi dan pelaporan program dan kegiatan pemuthahiran data profil tahun 2018 dan sosialisasi standar pelayanan minimal tahun 2019, sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2016.

Serta mengidentifikasi fakrtor-faktor penghambat dalam pencapaian SPM bidang kesehatan di wilayah Kabupaten Lingga.” Kegiatan ini diikuti oleh semua kepala puskesmas di seluruh wilayah Kabupaten Lingga, evaluasi pencapaian SPM,” ujarnya dr Asri dalam memberikan sambutan sekaligus membuka pelaksanaan sosialisasi yang di mulai pada 21 hingga 23 maret 2019.

Menurutnya, SPM merupakan ketentuan tentang jenis dan mutu pelayanan dasar yang merupakan urusan wajib daerah, yang berhak diperoleh setiap warga.

Oleh karena itu, puskesmas selaku ujung tombak pelayanan kesehatan dituntut secara profesional melakukan kerja sama  secara lintas program dan lintas sektor demi percapaian target SPM.

“Dengan kata lain, SPM adalah pedoman bagi puskesmas yang harus benar-benar dilaksanakan,” katanya.

ia juga meminta kepada seluruh puskesmas tidak hanya dapat mendata angka kematian ibu dan anak, akan tetapi Puskesmas juga harus mengetahui di mana ibu itu melahirkan, sehingga menghasilkan data yang valid.

Selain itu juga, jika saja terjadi banyak penghambat di puskesmas puskesmas dengan permasalahan yang berbeda beda pula, agar dilakukan koordinasi untuk mencari solusinya. ( juhari)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.