Dinas Pendidikan Lingga Raih Penilaian Tertinggi dari LPMP Kepri

0
465

INDEPENDENNEWS.COM, LINGGA — Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga mendapat Nilai Tertinggi dalam Kunjungan di Program SPMI oleh LPMP Provinsi Kepri.

Penilain tersebut di ketahui saat Kepala LPMP Provinsi Kepri Irwan melalui Penanggungjawab Program SPMI Safta M.T. Purba dalam pertemuan “Sekolah Model” yang dihadiri seluruh Sekolah Model se Provinsi Kepri di Tanjungpinang pada tanggal (12/10/2019) kemarin.

Atas tingginya rating kunjungan dalam Program SPMI ini, Kadis Pendidikan Kabupaten lingga mendapat Apresiasi dinilai sangat proaktif mendukung Program Peningkatan Mutu Pendidikan di Daerah melalui LPMP.

” Lbh 75 % Pembukaan SPMI dihadiri pak Kadis dari 20 Sekolah Model dan 100 Sekolah Imbas mulai dari SD, SMP dan SMA ” Ini memberi makna bahwa ada upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di Kabupaten Lingga.” Ucap Safta M.T. Purba

Sementara itu, Kadis Pendidikan Lingga, Junaidi Adjam menyampaikan Program SPMI ( Sistem Penjaminan Mutu Internal ) merupakan program Kementrian Pendidikan melalui LPMP yang output nya peningkatan mutu pendidikan melalui pola pemetaan mutu di mulai dengan Perencanaan EDS ( Evaluasi Diri Sekolah ), Implementasi, Monitoring Evaluasi hingga Pemetaan Mutu Baru melalui program sekolah Model.

Dikatakannya Program ini sangat memberikan dampak positif karena titik tolaknya pada 8 Standar Nasional Pendidikan, ” Baik Peningkatan Kompetensi Guru maupun peningkatan Sarana Prasarana”. Ujar Junadi

Disampaikannya juga, Program Sekolah Model SPMI adalah sebuah program LPMP dalam membangun ‘budaya mutu’ sekolah melalui implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Program ini melibatkan beberapa sekolah yang ditetapkan sebagai Sekolah Model dan beberapa Sekolah Imbas.

Sekolah model ditetapkan dan dibina oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) untuk menjadi sekolah acuan bagi sekolah imbas dalam penerapan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri. Sekolah imbas adalah sekolah yang berada dalam wilayah binaan yang sama dengan sekolah model yang akan mendapatkan pengimbasan Best Practice implementasi SPMI dari sekolah model.

” Kita berharap ke depan seluruh sekolah di Kabupaten Lingga sudah masuk dalam kategori sekolah Model disamping sekolah Rujukan, Sekolah Mutu dalam upaya peningkatan Mutu Pendidikan”. ( Juhari )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here