Deli Serdang Diterjang Banjir Kawasan Sunggal Tenggelam

0
204

 

DELI SERDANG, Banjir bandang melanda daerah aliran sungai (DAS) sungai Sunggal, luapan sungai menimbulkan kawasan Kec. Sunggal, dan Kec.Deli Tua, Kab.Deli Serdang menjadi terendam air, Jumat (4/12/2020)

Banjir bandang datang diperkirakan pada pagi dinihari sehingga banyak warga tak menyangka kalau rumahnya bakal terendam oleh air. Saat ini banjir yang menggenangi kawasan Deli Tua dan Kec.Sunggal tingginya rata-rata telah mencapai pinggang orang dewasa bahkan lebih.

Kondisi terparah terjadi di perumahan Oma D’ Flamboyan Sunggal. Ketinggian banjir diperkirakan telah mencapai 4 – 6 meter. Banyak rumah tenggelam dan beberapa unit sepeda motor hanyut terbawa arus banjir.

Di lokasi banjir tim Basarnas, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemprovsu, PMI bersama Babinsa dan pihak Kecamatan Sunggal melakukan evakuasi terhadap 145 KK.

Terpisah, Banjir pun telah memasuki wilayah Kec.Hamparan Perak, Kota Medan karena sungai Deli meluap, dan juga Kota Binjai.

Terpisah, Arhanud, BPBD Provinsi Sumut, Basarnas membuat dapur umum, Pos Kesehatan dan posko evakuasi sementara untuk pengungsi di Arhanud serta Balai Desa Tanjung Selamat.

Tim SAR memobilisasi untuk bencana banjir tersebut dengan menurunkan 8 unit perahu, 2 unit ambulan PMI dan 5 unit mobil evakuasi dari BPBD Pemprovsu.(Nur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here